Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

52.596 Kendaraan Lintasi GT Cikunir 6 hingga H+2 Tahun Baru

Kompas.com - 05/01/2023, 21:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 52.596 kendaraan tercatat melintasi Gerbang Tol (GT) Cikunir 6 sejak hari H Tahun Baru hingga H+2 Tahun Baru 2023.

Dilansir dari laman resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), terjadi peningkatan volume lalu lintas (lalin) transaksi ke arah Jatiasih Ruas Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) yang merupakan lalin dari Ruas Tol Mohamed Bin Zayed (MBZ) (arah Timur) melalui GT Cikunir 6 sebesar 80,3 persen.

Sementara pada kondisi normal, jumlah kendaraan yang melintas GT Cikunir 6 hanya sebanyak 29.160 unit.

Di sisi lain, peningkatan volume lalin juga masih terjadi di daerah Jawa Barat. Jasamarga Metropolitan Tollroad mencatat sebanyak 78.443 kendaraan keluar dari Bandung menuju wilayah Rancaekek, Garut dan sekitarnya melalui GT Cileunyi.

Capaian tersebut meningkat 3,59 persen dari lalin normal yaitu sebanyak 75.723 kendaraan.

Sedangkan volume lalin transaksi dari arah sebaliknya atau yang menuju arah Bandung melalui GT Cileunyi tercatat 101.457 kendaraan.

Angka tersebut meningkat 19,67 persen dibanding lalin normal sebanyak 84.784 kendaraan.

Baca juga: Rencana Proyek Tol Lingkar Solo, Ditentang Tiga Bupati hingga Dipertanyakan Pakar

Peningkatan volume lalin transaksi juga terjadi di GT Pasteur, kendaraan yang keluar dari kota Bandung tercatat 96.124 meningkat 9,75 persen dari lalin normal sebanyak 87.587.

Jasa Marga mengimbau masyarakat agar mempersiapkan diri sebelum melakukan perjalanan dengan memastikan kondisi kendaraan siap jalan.

Selain itu, pastikan kondisi pengemudi prima, memperhatikan kecukupan BBM dan saldo kartu uang elektronik untuk kenyamanan perjalanan.

Jasa Marga mengimbau pengguna jalan hanya menggunakan 1 kartu uang elektronik yang sama untuk pembayaran di jalan tol dengan sistem transaksi tertutup seperti Ruas Tol Cipularang dan Padaleunyi serta Jalan Tol JORR II.

Juga menggunakan 1 kartu uang elektronik untuk bertransaksi ketika tapping di GT masuk dan menggunakankartu uang elektronik yang sama juga untuk tapping di GT keluar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com