Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diresmikan Jokowi, SPAM Durolis Bakal Suplai Air Minum di Tiga Wilayah Riau

Kompas.com - 05/01/2023, 14:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Dumai, Rokan Hilir, dan Bengkalis (Durolis) di Provinsi Riau, pada Kamis (05/01/2023).

SPAM ini dibangun oleh Kementerian PUPR dengan anggaran sebesar Rp 396,6 miliar, di atas lahan seluas 5 hektar yang disediakan oleh Kabupaten Rokan Hilir.

"Nantinya bisa disuplai dari SPAM di Rokan Hilir ini yang akan bisa menyediakan air minum dengan kualitas yang baik bagi 32.000 rumah tangga di Dumai, di Rokan Hilir, dan Bengkalis," ujar Presiden dikutip dari laman Sekretariat Kabinet RI.

Jokowi pun meminta agar SPAM Durolis dapat segera dihubungkan dengan seluruh sasaran rumah tangga.

Di samping itu, penyaluran air minumnya bisa lebih dioptimalkan. Mengingat masih baru, penggunaan airnya baru 400 liter per detik.

Baca juga: Tahun 2024, SPAM Banjarbakula Ditarget Layani 74.202 Sambungan Rumah

"Kita harapkan ini masih memiliki ruang yang masih banyak yang nanti bisa disalurkan ke lebih banyak lagi air minum ke rumah tangga-rumah tangga yang ada di sini," tuturnya.

Dia mengharapkan agar keberadan infrastuktur ini dapat menyelesaikan permasalahan penyediaan air minum di Riau, khususnya Rokan Hilir, Bengkalis, dan Dumai.

"Semoga ini menjadi penyediaan air minum dengan kualitas yang baik bagi Rokan Hilir, Bengkalis, dan Dumai yang akan menyehatkan, menyejahterakan masyarakat kita," pungkas Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com