Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1 Juta Orang Mudik Naik Kereta Selama Libur Natal dan Tahun Baru

Kompas.com - 05/01/2023, 06:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 1.095.714 orang tercatat mudik menggunakan moda transportasi kereta api (KA) pada libur Natal dan Tahun Baru.

Angka tersebut merupakan total jumlah penumpang KA jarak jauh ke berbagai tujuan dalam periode 22-29 Desember 2022.

Artinya, rata-rata ada sebanyak 136.964 penumpang KA setiap hari dengan keterisian tempat duduk mencapai rata-rata 102 persen.

Relasi yang menjadi favorit masyarakat pada periode tersebut yaitu rute Jakarta-Yogyakarta pp, Jakarta-Solo pp, Jakarta-Surabaya pp, Jakarta-Purwokerto pp, Bandung-Surabaya pp, Yogyakarta-Surabaya pp, Yogyakarta-Banyuwangi pp, dan lainnya.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, jumlah ini mengalami kenaikan sebesar 204 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun 2021.

Hal ini diperkirakan terjadi dikarenakan perubahan persyaratan naik KA dimana tidak lagi ada persyaratan screening Covid-19 melalui Antigen atau PCR.

Baca juga: Refund Tiket Kereta Api Bisa Diwakilkan Loh! Ini Syarat Lengkapnya

Di samping itu, kapasitas angkut yang telah diperbolehkan menjadi 100 persen serta meningkatnya mobilitas masyarakat yang diiringi penambahan jumlah perjalanan KA secara keseluruhan.

"KAI mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah menggunakan layanan KA pada masa libur akhir tahun ini," ujar Joni, seperti dikutip dari laman resmi KAI, Rabu (4/1/2023).

Sampai dengan 30 Desember 2022, total tiket KA jarak jauh yang telah terjual untuk masa Angkutan Natal dan Tahun Baru 22 Desember 2022-8 Januari 2023 yaitu sebanyak 1,6 juta tiket atau sekitar 69 persen dari kapasitas yang disediakan sebanyak 2,4 juta tempat duduk.

"Jumlah tersebut akan bertambah karena penjualan masih terus berlangsung. Kami berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik karena tiket KA masa libur Natal dan Tahun Baru 2023 masih cukup banyak tersedia," tutup Joni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com