Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MRT Jakarta Diteruskan hingga Ancol Barat, Sejauh Mana Progresnya?

Kompas.com - 03/01/2023, 20:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan MRT Jakarta akan diteruskan dari Kota hingga Depo Ancol Barat.

Dilansir dari laman resmi MRT Jakarta, Selasa (3/1/2023), rencana tersebut tertulis dalam proyek MRT Jakarta Fase 2B.

Saat ini progres proyek MRT Jakarta Kota-Ancol Barat masih dalam tahap feasibility study atau studi kelayakan.

Sementara saat ini MRT Jakarta tengah merampungkan proyek Fase 2A yang akan menghubungkan Stasiun Bundaran HI hingga Kota sepanjang sekitar 5,8 kilometer dan terdiri dari tujuh stasiun bawah tanah, yaitu Thamrin, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, dan Kota.

Fase 2A tersebut dibagi menjadi dua segmen, yaitu segmen satu Bundaran HI-Harmoni yang ditargetkan selesai pada Maret 2025, dan segmen dua Harmoni-Kota yang ditargetkan selesai pada Agustus 2027.

Fase 2A MRT Jakarta dibangun dengan biaya sekitar Rp 25,3 triliun melalui dana pinjaman kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Jepang.

Baca juga: Komitmen Kembangkan Perkeretaapian, MRT Jakarta Resmi Gandeng INKA

Berbeda dengan fase 1, fase 2 dibangun sekaligus dengan membangun kawasan stasiun dengan konsep kawasan berorientasi transit.

Pembangunan dengan konsep ini tidak hanya menyiapkan infrastruktur stasiun MRT Jakarta saja, namun juga kawasan sebagai paduan antara fungsi transit dan manusia, kegiatan, bangunan, dan ruang publik.

Tujuannya untuk mengoptimalkan akses terhadap transportasi publik sehingga dapat menunjang daya angkut penumpang.

Secara rinci, pekerjaan MRT Jakarta Fase 2A CP 201 Stasiun Thamrin-Stasiun Monas mencapai 49,4 persen per 25 Desember 2022.

Sedangkan untuk CP 202 Stasiun Harmoni-Mangga Besar-Sawah Besar setelah resmi dimulai pada 18 Juli lalu, telah mencapai 8,437 persen per 25 Desember 2022.

Pasca-penandatanganan paket kontrak CP 203 Stasiun Glodok dan Kota pada 20 April 2021, pekerjaannya sudah mencapai 23,4 persen.

Sedangkan pengadaan CP 205 sistem perkeretaapian dan rel, 206 ratangga, dan CP 207 sistem pembayaran masih berjalan sesuai jadwal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com