Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Bos IDEA Borong 14,6 Juta Lembar Saham Perusahaan

Kompas.com - 02/01/2023, 20:15 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Masya Famely Ruhulessin

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Idea Indonesia Tbk (IDEA) kembali melaporkan pembelian saham perseroan yang dilakukan oleh sang Presiden Direktur IDEA, Eko Desriyanto.

Dari keterbukaan informasi yang dilaporkan oleh Perseroan, pada 26 Desember 2022 Eko membeli 14.609.100 lembar saham IDEA dengan harga rata-rata Rp 68,69 per lembar.

Pada bulan Agustus dan September 2022 lalu, Eko juga telah memborong saham IDEA sebanyak 19 juta lembar yang senilai hampir satu miliar rupiah.

Dengan tambahan semua transaksi tersebut, maka kepemilikan saham Eko secara langsung di IDEA bertambah menjadi 30 juta lembar saham atau 2,85 persen dari jumlah keseluruhan saham perseroan.

Eko melakukan pembelian saham melalui pasar reguler. Tujuan dari transaksi itu adalah untuk investasi.

Dengan pembelian saham IDEA oleh Eko di akhir tahun 2022 lalu maka  komposisi kepemilikan saham IDEA pun berubah. 

Sekarang, PT Idea Asia Investama punya 591,40 juta lembar saham atau 55,66 persen, Achmad Machlus Sadat memiliki 258,37 juta lembar saham setara 24,32 persen, dan masyarakat mempunyai 182,4 juta lembar sebesar 17,17 persen.

Baca juga: Jasa Marga Buka Pintu untuk Swasta Akuisisi Saham Jalan Tol

Berdasarkan keterbukaan informasi yang sama, Eko juga berencana menambah kepemilikan di IDEA ke depannya untuk tujuan investasi, walaupun belum dapat dipastikan berapa besarannya dan kapan waktunya.

PT IDEA melakukan Initial Public Offering (IPO) atau penawaran umum perdana saham pada tahun 2021 dengan nilai total dana yang diperoleh sebesar Rp 29,7 miliar.

Di sisi lain, IDEA memiliki anak perusahaan yang saling bersimbiosis dengan bisnis utamanya, yaitu PT Aidia Indonesia Propertindo yang memiliki dan mengoperasikan Hotel Aidia Grande dan Thuba Resto di Metro, Lampung.

Pada tahun 2022, Aidia Grande Hotel juga telah menyelesaikan penambahan kamar dan fasilitas seperti kolam renang, gym dan penambahan meeting room.

Baca juga: Hotel Bintang Berapa yang Banyak Beroperasi di Indonesia?

Pada November 2022 lalu, IDEA berekspansi dengan membuka cabang pelatihan ketiganya di Kota Semarang, Jawa Tengah dan sebelumnya di Kota Surabaya, Jawa Timur untuk mengakomodir meningkatnya permintaan tenaga kerja di sektor pariwisata.

IDEA berharap dengan cabang pelatihan baru di Semarang, Surabaya dan penambahan kamar dan fasilitas Hotel Aidia Grande dapat menyumbang pendapatan lebih besar.

Sekaligus menjadi langkah strategis menyambut pertumbuhan sektor pariwisata pasca Covid-19.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com