Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurang 6 Tower Lagi, Pembangunan Rusun Pekerja Konstruksi IKN

Kompas.com - 19/12/2022, 13:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR telah menyelesaikan 16 tower rumah susun (rusun) pekerja konstruksi Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

Artinya dari target total 22 tower, pembangunan hunian untuk para pekerja itu menyisakan 6 tower lagi.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto menyampaikan, dari target 22 tower rusun, saat ini sudah ada 16 tower yang terbangun dan dalam proses penyelesaian kelistrikan, pemasangan dinding, serta toilet.

"Kami akan berupaya agar proses pembangunannya bisa segera diselesaikan secepatnya. Saat ini progresnya sudah mencapai 71,06%," ujarnya dikutip dari laman Kementerian PUPR pada Minggu (18/12/2022).

Baca juga: Selain Tempat Tinggal, Rusun Pekerja IKN Bisa Jadi Kantor

Menurut dia, pembangunan rusun pekerja konstruksi IKN telah dimulai sejak 29 Agustus 2022 dan ditargetkan selesai pada akhir Januari 2023 mendatang.

Proses pengerjaannya dilaksanakan oleh PT Wijaya Karya Gedung-PT Adhi Karya (Persero) Tbk, KSO dengan nilai kontrak Rp 567 miliar.

Adapun dalam proses pembangunan, Kementerian PUPR menerapkan sedikitnya tiga kriteria pelaksanaan pembangunan dengan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) atau Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (LST).

Baca juga: Kementerian PUPR Beres Teken Kontrak Pembangunan 126 Rusun, Buat Siapa Saja?

Pemanfaatan teknologi konstruksi modular pada pembangunan hunian bagi pekerja ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mencapai kriteria ESG dan menjadi prototipe lean and green construction di Indonesia.

Di kompleks rusun pekerja konstruksi IKN, juga akan dibangun fasilitas sosial dan fasilitas umum seperti masjid, mess hall, klinik, dan kantor perwakilan pengelola.

"Setiap rusun akan memiliki kamar tipe barak untuk pekerja dilengkapi tempat tidur dan kamar mandi sehingga para pekerja bisa tinggal dengan nyaman serta fokus dalam bekerja membangun infrastruktur di IKN Nusantara," pungkas Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com