Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Kutu Hadir di Homedec 2022, Ada Piring Hias Diana dan Charles

Kompas.com - 15/12/2022, 20:21 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Apakah Anda penggemar barang-barang tempo dulu (jadul)?

Jika iya, stand Pasar Kutu di Home Design & Interior Exhibition (Homedec) 2022 di Hall 3A, ICE BSD City, Tangerang cocok untuk Anda kunjungi.

Pasar Kutu adalah wadah yang menampung asosiasi penjual barang jadul dan saat ini diisi oleh Komunitas Djadoel.

"Jadi dinamakan Pasar Kutu sebenarnya seperti play market, jadi biar unik aja pake namanya Pasar Kutu," kata Ketua Komunitas Djadoel Fery Diananto kepada Kompas.com, Kamis (15/12/2022).

Fery menjelaskan, terdapat 15 peserta dari asosiasinya yang mengisi Pasar Kutu di Homedec 2022.

Baca juga: Jangan Keliru! Begini Trik Membeli Furnitur Antik Kualitas Terbaik

Ada berbagai macam barang jadul yang dijual, mulai dari cincin akik, telfon tombol putar, setrika arang, buku cetakan abad 17, lukisan, topi, kain, koran jadul, jam tangan, dan pernak-pernik jadul lainnya.

Atau bagi Anda penggemar keluarga Kerajaan Inggris, di Pasar Kutu ini bahkan ada piring hias untuk dekorasi rumah bergambar Putri Diana, Raja Charles III, Pangeran William, Pangeran Harry, hingga Ratu Elizabeth II.

Pasar Kutu di Homedec 2022Kompas.com/Aisyah Sekar Ayu Maharani Pasar Kutu di Homedec 2022
Menurut Fery, barang jadul adalah barang yag pernah dipakai pada masa lalu yang dibuang karena masa pakainya sudah habis.

Akan tetapi lewat Komunitas Djadoel dan Pasar Kutu, barang-barang lama tersebut masih terlihat bernilai karena bisa dimanfaatkan sebagai elemen lain di luar fungsi utamanya, misal untuk menjadi dekorasi rumah.

Bahkan sekarang, pasar barang-barang jadul mulai meriah dan mendapatkan perhatian pembeli, terlebih banyak kafe-kafe kekinian yang mengusung konsep jadul.

Baca juga: Lucunya Bunyi Nada Dering HP Jadul Milik Basuki Saat Jokowi Diwawancarai di IKN

Lanjut Fery, hampir semua peserta Pasar Kutu tidak memiliki tempat jualan offline. Mereka biasanya memasarkan koleksinya dan berinteraksi melalui media sosial Instagram maupun Facebook.

"Hari pertama lumayan (jumlah pembeli), ada pembeli juga meskipun enggak terlalu ramai, tapi lumayan ada peminatnya," ujar Fery.

Keikutsertaan Pasar Kutu di pameran desain interior Homedec sudah berjalan tiga kali, yang mana terakhir dilaksanakan sebelum vakum dua tahun adalah pada 2019.

Selain di Homedec, Pasar Kutu tak jarang ikut memeriahkan acara lain atau bahkan menciptakan acara bertema jadul sendiri.

Sebagai informasi, bagi Anda yang tertarik mengunjungi Pasar Kutu di Homedec 2022, bisa datang ke lokasi pameran pada tanggal 15-18 Desember 2022 mulai pukul 10.00-20.00 WIB.

Pameran ini tidak memungut biaya masuk alias gratis. Anda juga bisa berbelanja berbagai kebutuhan interior rumah lain di Homedec 2022 karena ada 200 peserta dari 80 perusahaan yang hadir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com