Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cukup Rp 700.000, Warga Samarinda Bisa Tinggal di Rusun Tipe 36

Kompas.com - 14/12/2022, 14:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai upaya untuk memfasilitasi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun sejumlah rumah susun (rusun) di berbagai wilayah.

Salah satunya di Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur, bernama Rusun Harapan Baru yang sudah berfasilitas lengkap dengan harga sewa terjangkau.

Masyarakat Kota Samarinda bisa menempati rusun ini hanya dengan membayar sewa sekitar Rp 600.000-Rp 700.000 per bulan.

Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Kalimantan Timur, Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Kalimantan II Mustofa Otfan menjelaskan, Rusun Harapan Baru dibangun dengan ketinggal 4 lantai sebanyak 60 unit bertipe 36.

Baca juga: 10.000 Unit Rumah Dapat Pembiayaan BP Tapera Tahun Depan

"Rusun MBR Harapan Baru berlokasi di Jalan Cipto Mangunkusumo, Kelurahan Harapan Baru, Kecamatan Loa Janan Ilir, Kota Samarinda," kata Mustofa dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Rabu (14/12/2022).

Untuk fasilitasnya, tersedia dua kamar tidur, lemari, kasur, kursi dan meja tamu, dapur, kamar mandi dengan shower dan toilet duduk.

Selain itu, tersedia pula toko kebutuhan rumah tangga di lantai bawah rusun, sehingga penghuni tidak kesulitan ketika hendak membeli keperluan sehari-hari.

Demi menjaga keamanan dan kebersihan, juga disediakan petugas kebersihan dan petugas keamanan di Rusun Harapan Baru.

Baca juga: Ini Saran Pemerintah ke Konsumen Korban Meikarta

Lanjutnya, pembangunan rusun digarap oleh Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Kalimantan Timur, BP2P Kalimantan II pada tahun 2017.

Setelah diserahkan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) setempat, saat ini rusun tersebut dikelola oleh Perumda Varia Niaga dan telah dihuni oleh masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com