Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puncak Arus Mudik Natal-Tahun Baru Jatuh pada Tanggal 23-24 Desember

Kompas.com - 14/12/2022, 05:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mudik Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 bakal menjadi momentum meriah setelah pembatasan mobilitas ditiadakan.

Berdasarkan hasil survei Badan Kebijakan Transportasi (Baketrans) Kementerian Perhubungan (Kemenhub), diperkirakan sebanyak 44,17 juta orang atau 16,35 persen dari seluruh masyarakat di Indonesia ikut mudik pada kesempatan ini.

Selanjutnya, diprediksi puncak arus mudik pada masa libur Natal akan terjadi pada 23-24 Desember 2022 dan puncak arus balik Natal diprediksi terjadi pada 25-26 Desember 2022.

Sementara untuk puncak arus mudik masa libur tahun baru diprediksi terjadi pada 30-31 Desember 2022 dan puncak arus balik tahun baru diprediksi terjadi pada 1-2 Januari 2023.

"Pada libur Natal dan Tahun Baru kali ini tidak ada pembatasan mobilitas seperti tahun sebelumnya. Namun demikian, pelayanan transportasi publik tetap mengedepankan aspek kesehatan, selain keselamatan, keamanan, dan kenyamanan,” ujar Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam Rapat Kerja dengan Komisi V DPR RI, Selasa (13/12/2022).

Baca juga: Rincian Tarif Tol Solo-Malang Saat Mudik Libur Natal dan Tahun Baru

Menhub menambahkan, akan mengantisipasi potensi pergerakan dalam wilayah aglomerasi, mobilitas lokal, potensi pergerakan ke lokasi-lokasi wisata, serta para pemudik yang menggunakan sepeda motor dan kendaraan pribadi.

Adapun Jumlah penumpang yang menggunakan angkutan umum di semua moda mengalami kenaikan 54,62 persen dibandingkan tahun lalu, atau sekitar 14,72 juta penumpang.

Menindaklanjuti hasil survei tersebut, Kemenhub menyiapkan sejumlah hal untuk memastikan kelancaran penyelenggaraan angkutan Natal dan Tahun Baru.

Kemenhub akan memastikan kesiapan sarana dan prasarana transportasi bersama operator dengan menyiapkan sebanyak 57.693 unit bus dan 111 terminal.

Kemudian menyiapkan 910 unit kapal dan 110 pelabuhan, 484 kereta serta 9 daop dan 4 divre, 205 kapal penyeberangan serta 11 lintas pelabuhan penyeberangan.

Baca juga: Mudik Akhir Tahun Bisa Lewat Tol Japek II Selatan Segmen Sadang-Kutanagara

Tak ketinggalan, 41 dermaga MB, 3 dermaga ponton, dan 16 dermaga plengsengan, juga 402 unit pesawat dan 51 bandar udara ikut disiapkan.

Berbagai persiapan lain tak lupa dilakukan guna memastikan momentum mudik Natal dan Tahun Baru kali ini berjalan dengan lancar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com