Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Natal dan Tahun Baru, Astra Infra Beri Dukungan Teknologi bagi Pengguna Jalan Tol

Kompas.com - 13/12/2022, 14:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Menyambut perayaan momen Natal dan tahun baru (Nataru), kelompok usaha Astra di sektor jalan tol telah mempersiapkan pelayanan terbaik bagi para pengguna jalan lewat kampanye Nataru Asri Berseri.

Delapan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang dimiliki Astra Infra yaitu Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan, Jombang-Mojokerto, Semarang-Solo, Surabaya-Mojokerto, Pandaan-Malang, Kunciran-Serpong dan Kebon Jeruk-Ulujami telah melakukan persiapan menyeluruh demi melayani pengguna jalan tol.

Group COO Astra Infra Kris Ade Sudiyono menjelaskan, pada momen Nataru Asri Berseri 2022, telah disiapkan dukungan teknologi yang memfokuskan pada kemudahan akses informasi untuk publik.

“Di ruas tertentu, petugas layanan lalu lintas sudah dibekali tablet digital yang terhubung ke platform integrated traffic management,” ungkap Kris dalam rilis yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Ini Persiapan Hutama Karya Amankan Natal-Tahun Baru di Jalan Tol

Dikatakan, platform tersebut akan secara otomatis sistem akan menerima order penanganan gangguan dan memantau kondisi lalu lintas terkini dari berbagai kamera dan perangkat digital lain yang terpasang di lapangan.

Selain petugas layanan yang sigap membantu pengguna jalan tol, akan ada live report yang secara berkesinambungan melaporkan situasi terkini kondisi lapangan.

Kamera CCTV yang terpasang sepanjang jalur tol akan memantau kondisi trafik selama 24 jam, dan memungkinkan untuk diakses oleh masyarakat yang membutuhkan informasi.

Baca juga: Astra Infra Luncurkan Inovasi Struk Digital untuk Transaksi Jalan Tol

Pusat pengendali manajemen lalu lintas baik yang terintegrasi maupun yang ada di setiap ruas jalan tol akan mengatur akan mengkoordinasikan berbagai kejadian di jalur berbasis platform aplikasi agar bisa segera ditangani.

Integrated Traffic Management System ini sedang terus dikembangkan, untuk nantinya bisa terintegrasi dengan semua petugas layanan baik PJR, patroli, derek, ambulan dan pihak-pihak terkait lainnya dalam manajemen lalu lintas di jalan tol,” tambah Kris.

Kampanye Nataru Asri Berseri

Tahun ini, Astra Infra telah menyiapkan petugas khusus atau Satuan Tugas (Satgas) Nataru yang berjumlah lebih dari 1.300 (seribu tiga ratus) personil yang telah kick off secara nasional melalui Apel Gelar Pasukan yang dipusatkan di Tol Cikopo-Palimanan.

Untuk layanan keamanan dan kenyamanan telah disiapkan total 35 armada PJR, 48 armada derek, 10 kendaraan rescue dan 20 ambulans.

Astra Infra juga memastikan setiap ruas jalan tol yang dikelola dalam kondisi baik dan dilengkapi dengan infrastruktur dan keamanan seperti Speed Reducer, Variable Message Sign (VMS), lampu strobe, Weigh In Motion (WIM), Light Detection Ranging (LiDAR) hingga Auto Numbering Plat Recognition (ANPRR).

Selain itu, juga telah dilaksanakan penambahan 95 titik Analytics Camera sehingga sebanyak total 756 CCTV telah tersedia di jalan tol Astra Infra.

 

Pengguna jalan juga dapat merencanakan perjalanannya dengan memanfaatkan aplikasi mobile Info Tol Astra Infra.

Aplikasi ini memberikan akses real time CCTV kepada publik yang ingin mengetahui kondisi trafik terkini di ruas tol Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan dan Jombang-Mojokerto.

Inovasi ramah lingkungan terus dilakukan Astra Infra demi kenyamanan pengguna jalan serta mewujudkan infrastruktur berkelanjutan.

Mulai dari inovasi digitalisasi seperti penerapan Digital Struk yang sudah tersedia bagi penggunan jalan tol Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan dan Jombang-Mojokerto, hingga inovasi solar cell di sejumlah rest area.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com