Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Libur Natal, Ini Titik Rawan Banjir dan Longsor di Jalan Nasional Sulsel

Kompas.com - 04/12/2022, 12:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR tengah menyiapkan infrasuktur jalan nasional di Sulawesi Selatan (Sulsel) menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2022/2023.

Selain itu, mempersiapkan rencana antsipasi darurat pada titik-titik rawan banjir dan longsor di sepanjang jalan nasional Sulsel.

Hal itu disampaikan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sulsel saat agenda Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi V DPR RI pada Jumat (02/12/2022).

Kepala BBPJN Sulsel Reiza Setiawan menyampaikan, kemantapan jalan nasional di wilayah kerjanya sepanjang 1.739 Km mencapai 94,42% serta siap untuk dilalui masyarakat.

"Sudah tugas kita harus menyelesaikan tugas kita sampai akhir tahun untuk melakukan perbaikan-perbaikan jalan, tapi tentunya fokus ketika menjelang Natal dan Tahun Baru, kita akan fokus lagi dengan sisa pekerjaan yang ada," ujarnya dikutip dari laman Ditjen Bina Marga.

Baca juga: Sambut Libur Natal, Pemerintah Siagakan Alat Berat di Jalan Nasional

Menurut dia, terdapat sembilan titik rawan banjir dan delapan titik rawan longsor sepanjang jalan nasional di Sulsel.

Untuk mengatasi hal tersebut, pihaknya melakukan upaya menyiapkan Disaster Relief Unit (DRU) sebanyak 54 unit yang akan disiapkan di 26 posko.

"Kita sudah menyiapkan 26 posko dan 54 unit DRU kita sudah sebar diseluruh Sulsel dan 26 posko itu juga selain untuk mengantisipasi rawan bencana banjir dan longsor, itu juga sekaligus sebagai pos kita untuk koordinasi masalah kemacetan," beber Reiza.

Lokasi rawan banjir terdapat di Bts. Kota Palopo-Wotu Km 392+500, Bts. Kab. Wajo/Bts. Kab. Luwu-Bts. Kota Belopa, Bts. Prov. Sulbar-Bts. Kota Pinrang, Tarumpakkae-Bts. Kab. Luwu Km. 236+420

Lalu, Bts. Kab Wajo/Bts. Kab. Bone-Ulugalung, Bts. Kota Pare Pare-Bts. Kota Barru, Pompanua-Bts. Kab. Wajo/Bts. Kab. Bone, Bts. Kab. Gowa-Bts. Kota Takalar, Bts. Kab. Bantaeng/Bts. Kab. Bulukumba-Bts. Kota Bulukumba.

Baca juga: Tak Perlu Repot, Masyarakat Bisa Laporkan Jalan Rusak via Aplikasi Ini

Sementara untuk lokasi rawan longsor terdapat di Kayulangi (Km 550)-Bts. Prov. Sulteng, Kayulangi (Km 550)-Tarengge, Malili-Bts. Prov. Sultra, Bts. Kab. Luwu Selatan-Bts. Kota Makale,

Kemudian, Seseng-Bts. Prov. Sulbar, Bts. Kota Makale-Bts. Kab. Enrekang, Bts. Kab. Tator-Enrekang, Enrekang-Bts. Kab. Sidrap.

Di sisi lain, pihaknya juga akan mempercepat pekerjaan agar tidak ada lubang yang menggangu pengguna jalan.

"Pekerjaan-pekerjaan kita dengan adanya penambahan e-catalog ini kita akan sapu semua lubang-lubang terutama yang membahayakan bagi pengendara," tutup Reiza.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com