Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki Luncurkan Siprabu dan Sipadu, Dukung Pembiayaan Infrastruktur

Kompas.com - 01/12/2022, 10:58 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan (DJPI) meluncurkan dua sistem pembiayaan infrastruktur baru.

Adalah Sistem Informasi Proyek KPBU atas Prakarsa Badan Usaha (Siprabu) dan Sistem Informasi Pengadaan Badan Usaha Pelaksana Proyek KPBU (Sipadu).

Peluncuran dua sistem pembiayaan infrastruktur ini dilakukan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pada Hari Puncak Creative Infrastructure Financing Day (CreatIFF) 2022 pada Kamis (1/12/2022).

Siprabu adalah inovasi untuk memudahkan setiap badan usaha dalam melakukan pengusulan proyek KPBU secara transparan dan kredibel. Layanan ini bisa diakses melalui tautan siprabu.pu.go.id.

Sedangkan Sipadu adalah inovasi dalam meningkatkan transparansi dan efisiensi proses pengadaan badan usaha pelaksanaan KPBU bidang PUPR serta meningkatkan kualitas pengadaan.

Baca juga: Agar Kasus Suparwi Tak Berulang, Wajib Diketahui Proses Ganti Rugi Tanah untuk Infrastruktur

Adapun Sipadu dikembangkan dengan mengacu kepada Peraturan Kepala LKPP Nomor 19 Tahun 2015 dan Peraturan LKPP Nomor 29 Tahun 2018.

Layanan Sipadu dalam pelaksanaan KPBU merupakan tahap transaksi KPBU, khususnya pada tahap prakualifikasi dan tahap pemilihan badan usaha. Sipadu dapat diakses melalui tautan pembiayaan.pu.go.id/sipadu.

Di sisi lain, Menteri Basuki mengatakan CreatIFF 2022 merupakan acara penting untuk belajar terkait pembiayaan pembangunan infrastruktur.

"Saya berharap kita selalu diskusi, skema-skema yang terus berkembang terus digali terutama dari Ditjen DJPI untuk mendorong pengisian celah-celah kekurangan pembiayaan dalam pembangunan infrastruktur terutama percepatannya," ucap Basuki dalam sambutannya.

Sementara itu, rangkaian acara CreatIFF 2022 telah dilaksanakan sejak bulan Oktober 2022 mulai dari konferensi pers, webinar, penandatanganan Coorperation Framework Agreement dengan CRCC International Invesment, pemberian penghargaan dan penyerahan simbolis kepada penerima KPR BP2BT hingga investor dialog.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com