Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Tebing Tinggi-Indrapura Bakal Dioperasikan Saat Natal dan Tahun Baru

Kompas.com - 01/12/2022, 07:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruas Tol Tebing Tinggi-Indrapura sepanjang 20,4 km di Sumatera Utara (Sumut) akan difungsionalkan untuk melayani arus mobilisasi Natal dan Tahun Baru 2022-2023.

Tebing Tinggi-Indrapura merupakan Seksi 1 bagian dari Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat yang memiliki panjang tol 103,52 km.

Soal pengoperasian ruas tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Triono Junoasmono pada kegiatan Kunjungan Spesifik Komisi V DPR RI ke Sumut pada Rabu (30/11/2022).

Berdasarkan progres konstruksi dan kondisi di lapangan, Triono Junoasmono menilai, Seksi 1 Tebing Tinggi-Indrapura sudah layak dilewati pengendara meski hanya sementara.

Fungsionalisasi tol ini diharapkan mampu meningkatkan kenyamanan pengguna jalan di saat liburan atau arus mudik Nataru nanti.

"Secara prinsip Tol Tebing Tinggi-Indrapura ini akan coba kita fungsionalkan pada Desember 2022 untuk arus Natal dan Tahun Baru," jelas pria akrab disapa Yongki itu dikutip dari laman Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR.

Baca juga: Ada Tambahan 77,26 Kilometer Ruas Tol Trans-Sumatera Tahun 2022, Ini Rinciannya

Selanjutnya, dia akan berkoordinasi dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terkait kepastian tanggal buka dan tutup ruas tol tersebut.

Selain itu juga mendorong pembuatan posko bersama, penambahan gerbang tol, rest area, penambahan personil, termasuk personel asistensi isi ulang saldo kartu tol elektronik.

"Rencana tindak lanjut tersebut penting untuk kita jalankan karena diperkirakan akan terjadi lonjakan penggunana jalan," tandasnya.

Ruas Tol Tebing Tinggi-Indrapura merupakan Seksi 1 dari trase jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat yang sedang proses konstruksi.

Baca juga: Tunggu Jadwal Presiden, Dua Ruas Jalan Tol Trans-Sumatera Ini Siap Diresmikan

Sementara ruas lainnya yaitu Seksi 2 Kualatanjung-Indrapura sepanjang 18,05 km, Seksi 3 Tebing Tinggi-Sebelawan sepanjang 30 km, dan Seksi 4 Serbelawan-Pematang Siantar sepanjang 28 km.

Kemudian, Seksi 5 Pematang Siantar-Seribudolok sepanjang 22,3 km, dan Seksi 6 Seribudolok-Parapat sepanjang 16,7 km.

Menurut Yongki, progres fisik pembangunan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat sudah mencapai 68 persen.

"Kami menargetkan seksi 1-3 selesai kuartal pertama 2023 dan seksi 4 pada kuartal kedua 2023," pungkas Sekretaris BPJT itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com