Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki Pastikan Bakal Bangun Lagi Rumah Rusak Berat di Cianjur

Kompas.com - 23/11/2022, 14:03 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memastikan bahwa pihaknya akan membangun kembali rumah rusak akibat gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Hal itu disampaikannya dalam acara seminar internasional "Climate Change, Resilience, and Disaster Management For Roads" di Yogyakarta, pada Selasa (22/11/2022).

Menurut dia, Kementerian PUPR telah berkomitmen bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk memulihkan infrastruktur setelah terkena bencana bencana. Termasuk rumah masyarakat.

"Untuk bencana alam, kita menjadi sub sistem dari BNPB. (rumah) Yang rusak ringan dan sedang diberikan bantuan stimulan oleh BNPB, sedangkan yang rusak berat dan relokasi dibangun oleh PUPR," kata Basuki dikutip dari laman Kementerian PUPR.

Baca juga: Jokowi Instruksikan Bangun Rumah Tahan Gempa bagi Korban di Cianjur

Menteri PUPR mengaku juga sudah bertemu dengan Wakil Bupati Cianjur agar Pemerintah Daerah bisa menyiapkan tanah untuk relokasi.

"Ada sekitar 2.272 rumah yang rusak. Rumah yang rusak berat serta fasilitas umum seperti sekolah, masjid, gereja, kantor-kantor pasti akan kita bangun kembali seperti di Semeru dan Sulawesi Tengah," jelasnya.

Baca juga: Banyak Rumah Rusak Akibat Gempa Cianjur, Ini Pelajaran yang Bisa Dipetik

Sebelumnya, Kementerian PUPR bersama BNPB telah melakukan penanganan dampak gempa Cianjur untuk membuka konektivitas jalur Jakarta-Cianjur yang tertutup longsoran.

"Ada 2 lokasi yang kena longsoran, masing-masing sepanjang 100 meter dan 40 meter. Jam 6 tadi sudah selesai dibersihkan dan sudah bisa dilewati," tutup Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com