Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Menteri Basuki di Pameran Fotografi

Kompas.com - 21/11/2022, 08:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri pameran fotografi jurnalistik dan peluncuran buku fotografi bertajuk "7 Citizen No 1" pada Minggu (20/11/2022).

Dilansir dari rilis yang diterima Kompas.com, Senin (21/11/2022), pameran fotografi ini diadakan oleh Pewarta Foto Istana Kepresidenan, Pewarta Foto Indonesia (PFI) dan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) yang berlokasi di Neo Soho Mal, Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut, Basuki melihat-lihat karya fotografi profesional tentang sejarah perjalanan tujuh Presiden mulai dari era Soekarno hingga Joko Widodo.

Basuki mengajak para pengunjung pameran untuk tidak hanya melihat hasil karya foto dari sisi ilmu atau teknik fotografi, tetapi bagaimana memaknai nilai sejarah bangsa.

"Saya kira sebagai generasi penerus bangsa, pameran fotografi ini bisa menjadi pelajaran. Kita bandingkan apa yang sudah kita lakukan untuk negara sekarang ini dengan apa yang sudah diberikan beliau-beliau untuk bangsa Indonesia" kata Basuki.

Baca juga: Menteri Basuki ”Cosplay” Jadi Fotografer dalam Acara KTT G20

Basuki juga mengatakan, Pemerintah Indonesia memiliki ANRI yang menyimpan berbagai arsip foto, peta dan dokumen yang memotret perjalanan sejarah bangsa dari masa ke masa.

Perjuangan para pendiri bangsa juga bisa menjadi pelajaran bagi para generasi penerus untuk berkaca dalam memberikan sumbangsih kepada bangsa dan negara.

Aksi Menteri Basuki di Pameran FotografiDok. Kementerian PUPR Aksi Menteri Basuki di Pameran Fotografi
Dalam pameran tersebut Basuki memperlihatkan kepiawaiannya, beraksi memotret menggunakan kamera DSLR ditemani seorang fotografer.

Tak hanya kali ini, Basuki juga beraksi menjadi fotografer "dadakan" pada event kunjungan Tahura Mangrove Ngurah Rai Bali saat KTT G20 pekan lalu.

Aksi Basuki tentu saja, menuai keriuhan masyarakat, terutama warganet di sejumlah platform media sosial.

Ketua Panitia Pelaksana Pameran Randy Tri Kurniawan mengatakan, pameran fotografi "7 Citizen No 1" dilaksanakan mulai 18 November hingga 3 Desember 2022.

Terdapat 157 karya dari 173 karya foto jurnalistik yang sudah dikurasi oleh Oscar Matuloh dalam pameran ini.

"Karya foto yang dipamerkan 60 persen bersumber dari ANRI, sisanya 40 persen berasal dari karya fotografer istana," tambah Randy.

Baca juga: Basuki Minta Konstruksi Bendungan Jlantah Lebih Perhatikan Lingkungan

Beberapa karya foto yang dipamerkan tentang dwitunggal Soekarno-Hatta saat membacakan Naskah Proklamasi Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945, merupakan warisan teragung yang dimiliki Indonesia.

"Foto-foto tersebut merupakan bukti otentik yang mengabadikan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia," tutup Oscar Matuloh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com