Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Lama Lagi, Anak Muda Papua Bisa Manfaatkan "Creative Hub"

Kompas.com - 20/11/2022, 10:30 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Tak lama lagi, generasi muda Papua bisa menikmati dan memanfaatkan sarana kerativitas untuk pengembangan potensi di bidang teknologi, inovasi, dan produk lokal, Papua Youth Creative Hub (PYCH), di Jayapura.

Pembangunan PYCH merupakan salah satu upaya Pemerintah Indonesia dalam mendukung peran generasi muda untuk mengelola potensi ekonomi Papua.

Baca juga: Trans-Papua Segmen Memberamo-Elelim Bakal Dilelang Akhir November 2022

Selain itu, pembangunan PYCH ini juga sebagai perwujudan tindak lanjut dari pertemuan antara Presiden Jokowi dengan Tokoh Muda Papua Inspiratif pada September 2019 lalu di Istana Negara.

Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Papua, Direktorat Jenderal Cipta Karya mendukung pembangunan infrastruktur Papua Youth Creative Hub yang berada di Jalan Poros Abepura atau berjarak sekitar 11 km dari pusat Kota Jayapura.

Papua Youth Creative Hub, di Jayapura, Papua.Kementerian PUPR Papua Youth Creative Hub, di Jayapura, Papua.
Dibangun di atas lahan seluas 15.000 meter persegi, PYCH mencakup bangunan utama 3.520 meter persegi, dan bangunan penunjang 1.812 meter persegi.

 

Fasilitas ini juga dilengkapi dengan area hijau 3.000 meter persegi, dormitori, arena olahraga, ruang serba guna untuk pameran dan presentasi, serta co-working space.

Pekerjaan konstruksi dilaksanakan oleh PT Nindya Karya (Persero) dengan konsultan PT Yodya Karya (Persero) KSO PT Mandiri Cakti Consultindo.

“Nilai kontrak bagi pembangunan PYCH sebesar Rp 95,05 miliar bersumber dari APBN dengan masa pelaksanaan pekerjaan sejak September 2021 hingga Desember 2022,” ujar Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Papua Corneles Sagrim.

Papua Youth Creative Hub, di Jayapura, Papua.Kementerian PUPR Papua Youth Creative Hub, di Jayapura, Papua.
Pekerjaan dilakukan dengan skema Multi Years Contract (MYC), dan hingga saat ini progress fisik pembangunan PYCH telah mencapai 98 persen.

Diharapkan, PYCH dapat menjadi motor penggerak dan berfungsi sebagai pusat pengembangan talenta-talenta muda di Papua.

Selain itu, PYCH dapat berperan sebagai pusat kreativitas bagi generasi muda Papua dalam memperkuat ekosistem inovasi dan teknologi yang baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com