Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertemu di Bali, Presiden WWC Minta Jokowi Sampaikan Pesan Air di G20

Kompas.com - 10/11/2022, 12:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai bertolak ke Kamboja, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu World Water Council (WWC) Loïc Fauchon di Ruang VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai, Provinsi Bali, Rabu (9/11/2022).

Loïc berharap agar Jokowi dapat menyampaikan pesan kepada seluruh anggota G20 mengenai pentingnya posisi air sebagai prioritas utama.

“(Kebutuhan) air terus meningkat di banyak negara dunia dan sekarang kita perlu membawa tanggapan nyata dan tidak hanya pidato. Itulah alasan bertemu dengan Menteri (PUPR) Basuki, Bapak Presiden RI, dan memintanya untuk menjadi water messenger selama G20,” katanya dikutip dari laman resmi Presiden RI, Kamis (10/11/2022).

Loïc mengatakan, Indonesia akan menjadi tuan rumah 10th World Water Forum (WWF) di Bali pada 2024 mendatang.

Dia pun menyatakan optimismenya bahwa penyelenggaraan forum tersebut dapat berjalan dengan sukses.

“Kami sangat yakin dan dengan pengalaman para profesional air Indonesia, dan karena otoritas Presiden Indonesia, kami akan menyelenggarakan WWF yang sangat sukses,” lanjut Loïc.

Baca juga: Basuki Klaim Forum Air Dunia di Bali Sangat Ditunggu, 12 Kepala Negara Bakal Hadir

Menurutnya, WWF 2024 akan menjadi acara yang sangat besar yang melibatkan lebih dari 10.000 delegasi dan mungkin 100.000 pengunjung.

Dengan mengangkat tema "Water for Shared Prosperity", WWF ke-10 akan menjawab tantangan dan potensi global yang disebabkan oleh peningkatan pertumbuhan penduduk dan urbanisasi.

WWF memiliki beberapa misi dalam menyediakan platform bagi seluruh kepentingan pada bidang air untuk berdiskusi, berbagi ilmu dan pengalaman, serta menciptakan ide-ide konkret dalam pengelolaan sumber daya air (SDA) lebih baik.

Kedua, mendorong pemikiran inovatif dalam mengatasi isu dan permasalahan terkini dalam pengelolaan SDA.

Ketiga, meningkatkan komitmen dan aksi para pembuat kebijakan dalam pengelolaan dan pengembangan SDA berkelanjutan.

Adapun WWF merupakan kegiatan pertemuan internasional pada bidang air yang diselenggarakan setiap tiga tahun sekali, sejak tahun 1997.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com