Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

80 "Tenant" Hadir di Indonesia UMKM Expo, Ada Apa Saja?

Kompas.com - 04/11/2022, 06:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 80 tenant dari seluruh provinsi hadir dalam Indonesia Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Expo, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat yang digelar pada 3-8 November 2022.

Hal ini disampaikan langsung oleh Koordinator Bidang UMKM/Bazar/Bakti Sosial di kegiatan Hari Agraria dan Tata Ruang (Hantaru) 2022 Sudaryanto pada Kamis (3/11/2022).

"Ada 80 tenant dari seluruh provinsi, juga ada dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN)," ungkap Sudaryanto kepada Kompas.com di lokasi.

Penyelenggaraan pameran UMKM ini sekaligus menjadi ajang untuk memperingati Hantaru yang ke-62 pada tahun ini.

Tujuannya adalah untuk mengangkat UMKM yang selama ini dibina oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melalui Ikatan Istri Karyawan dan Karyawati Badan Pertanahan (Ikawati) di setiap daerah.

Baca juga: Capai 72 Persen, UMKM Isi Rest Area Tol Trans-Jawa di Jateng dan Jatim

Untuk diketahui, saat ini Ikawati Kementerian ATR/BPN dikepalai oleh Nanny Hadi Tjahjanto.

Berbagai produk dari Sabang sampai Merauke tersaji di pameran UMKM tersebut, seperti makanan, minuman, pakaian, aksesoris, hingga kain tenun khas dari masing-masing daerah.

Tenant di Indonesia UMKM Expo 2022Kompas.com/Aisyah Sekar Ayu Maharani Tenant di Indonesia UMKM Expo 2022
"Pelaku UMKM terus dikurasi, ditingkatkan skill-nya, terus diberikan pelatihan terkait packaging, promosi dan pemasaran. Nah akhirnya mereka bisa menjual produknya tidak hanya secara lokal, tapi nasional karena dikenalkan ke tingkat pusat," tambahnya.

Di sisi lain, Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto mengatakan pemberdayaan UMKM ini merupakan wujud dari percepatan Proyek Strategis Nasional (PSN) Reforma Agraria lewat penataan akses.

"Penataan akses lewat pengembangan UMKM memegang peran sangat penting terhadap perekonomian nasional, terlebih kita baru lepas dari pandemi," kata Hadi dalam sambutannya.

Baca juga: 50 Persen UMKM Telah Isi Rest Area di Tiga Ruas Tol Trans-Sumatera Ini

Menurut Hadi, ini ditambah dengan data di mana ada 65,4 juta UMKM di Indonesia dengan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) senilai Rp 8573,89 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com