Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IIAPG dan Hutama Karya Raup Proyek KPBU Proving Ground Bekasi

Kompas.com - 03/11/2022, 19:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) bersama PT Indonesia International Automotive Proving Ground (IIAPG) mendapatkan kontrak baru dari proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) Pengembangan Proving Ground Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) Bekasi, Provinsi Jawa Barat.

Proyek KPBU ini ditargetkan rampung dalam waktu dua tahun kedepan. Namun, soft launching proyek diharapkan terlaksana pada November 2023.

Sedangkan grand launching proyek dengan nilai investasi sebesar Rp 1,98 triliun ini dilakukan November tahun 2024 mendatang.

Executive Vice President (EVP) Hutama Karya Tjahjo Purnomo menyampaikan, dalam proyek KPBU ini, pemilihan partner menjadi kunci sukses pembangunan.

Oleh karena itu, perusahaan telah melakukan pendekatan terhadap proyek ini secara intensif selama 2 tahun.

"Ini termasuk dalam melakukan pemilihan partner konsorsium. Karena, proyek ini berteknologi tinggi serta membutuhkan pendanaan untuk investasi,” ujar Tjahjo dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (3/11/2022).

Baca juga: Bareng Brantas Abipraya, Hutama Karya Garap Pelebaran Jalan Soreang-Cidaun

Maka dari itu, perseroan turut serta dalam konsorsium IIAPG yang memiliki kapasitas dan kapabilitas dalam proyek ini.

Konsorsium IIAPG terdiri dari PT Gobel International, PT Bintang Pradipa Persada, PT Astra Daihatsu Motor, Toyota Tsusho Corporation, dan Japan Overseas Infrastructure Investment Corporation for Transport & Urban Development (JOIN) dari Jepang.

Dalam proyek ini, lingkup pekerjaan Hutama Karya meliputi desain proving ground yang akan dilengkapi berbagai fasilitas.

Selanjutnya, pembangunan fasilitas dan penyediaan peralatan beserta sistem informasi, pemeliharaan infrastruktur dan peralatan pengujian, serta pelaksanaan pelatihan berkala.

Infrastruktur ini akan dilengkapi berbagai fasilitas modern untuk berbagai jenis uji tipe bagi kendaraan bermotor, seperti breaking system, speedometer, noise emission, rear view mirror, steering equipment, dan exhaust emission.

Melalui penjabaran ruang lingkup itu, Hutama Karya bertanggung jawab atas konstruksi, mulai dari tanah, serta struktur jalan dan jembatan.

Adapun strategi perusahaan dalam menyelesaikan pembangunan proyek ini dengan mempercepat pengerjaan tanah. Sehingga, diharapkan struktur lainnya dapat dilaksanakan secara paralel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com