Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Montecito, Tempat Tinggal Pilihan Oprah Winfrey, Ariana Grande, dan Tom Cruise

Kompas.com - 02/11/2022, 14:00 WIB
Monica Noviola,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Montecito, California, sebuah kota kecil dengan populasi kurang dari 10.000 orang, menjadi pilihan tempat tinggal sejumlah pesohor dunia.

Sebut saja Oprah Winfrey, Jennifer Aniston, Ariana Grande, Gwyneth Paltrow, dan Tom Cruise.

Montecito terletak sekitar 80 mil dari sisi barat Los Angeles, bertetangga dengan Santa Barbara, sebuah kota yang mencakup sekitar empat kali lebih luas dan populasi 10 kali lebih besar.

Bekas jajahan Spanyol pada abad ke-18 ini punya kekayaan budaya yang sangat menarik. Namun, karena pemukim Spanyol sedikit, kota ini secara historis tak banyak dikunjungi wisatawan.

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa beberapa selebritas dunia dari yang muda hingga tua mau merelakan puluhan juta dolar AS untuk mendapatkan tempat di kota kecil ini.

Baca juga: Artis Pharrell Williams Rancang Apartemen Dua Menara

Montecito yang diapit Pegunungan Santa Ynez dan Samudra Pasifik menawarkan gaya hidup yang lebih tenang, ditambah fakta bahwa kota ini kurang dari dua jam dari Hollywood.

Montecito mungkin tidak memiliki sejarah yang jelas seperti Santa Barbara, tetapi keduanya memiliki hubungan dengan arsitek George Washington Smith.

Smith meninggalkan jejak yang tak terhapuskan di daerah tersebut pada awal abad ke-20. Dia menciptakan puluhan proyek perumahan di Santa Barbara, semuanya dengan gaya kolonial Spanyol yang masih mendominasi wilayah tersebut hingga saat ini.

Banyak karya arsitektur peninggalan Smith, termasuk sebuah pondok Larry David yang membayar 5,7 juta dollar AS awal tahun ini.

Namun, tidak semua pesohor memilih rumah asli berusia 100 tahun karena banyak bangunan baru di daerah ini menciptakan suasana yang halus tetapi rileks.

Seperti hunian milik Gwyneth Paltrow, terlihat cukup megah dengan langgam arsitektural awal abad 20. Namun, sebenarnya rumah ini terhitung baru.

Perusahaan Roman, Williams, dan Romanek Design Studio mengerjakan proyek ini, dengan fasad antik, wallpaper yang dicat tangan, dan pintu perunggu.

Semua keindahan arsitektur hanyalah nilai lebih bagi kemegahan alam di kawasan tersebut. California menikmati iklim mediteranea, yang memungkinkan para pemukimnya berkebun sepanjang tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com