Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Heru Minta Pompa Sentiong Rampung Sebelum Musim Hujan 2023

Kompas.com - 25/10/2022, 17:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Proyek Pompa Air Kali Sentiong di Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara ditargetkan beres sebelum musim hujan tahun depan atau tepatnya pada Oktober 2023.

Hal tersebut disampaikan oleh Pejabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat meninjau lokasi pada Senin (24/10/2022).

"Tadi saya minta dipercepat, jadi sebelum musim hujan tahun depan bisa selesai. Sehingga saat momen musim hujan terlihat hasilnya (bisa tertanggulangi)," ucapnya, dikutip dari laman resmi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Oleh karena itu, Pj Gubernur Heru ingin memastikan seluruh jajarannya terutama yang berada di Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta agar segera mempercepat koordinasi.

Selain itu, Dinas SDA DKI Jakarta juga diharapkan bisa mengkomunikasikan target ini dengan pihak Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane (BBWSCC) mengingat proyek ini merupakan kewenangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Baca juga: Ini Sederet Upaya Kementerian PUPR Tangani Banjir Jakarta

Kepala BBWSCC Bambang Heri Mulyono melaporkan, progres pembangunan pompa air tersebut sudah mencapai 51 persen.

"Bahkan, bulan depan sudah ada dua pompa yang sudah dikirim ke sini dari Inggris dan nanti pada bulan Desember kita akan memulai instalasinya," katanya.

Kemudian pada tahun 2023 akan ada tiga pompa yang juga akan dikirim, sehingga total menjadi lima pompa dengan masing-masing berkapasitas 10 meter kubik.

Ketersediaan pompa ini akan melayani daerah Sunter Agung dan Sunter Jaya, yang akan membantu untuk melayani daerah Kemayoran hingga daerah Kampung Bandan.

Sehingga, untuk mempertahankan debit air ketika permukaan air laut naik, permukaan air dari hulu akan bisa dijaga ketinggiannya.

Baca juga: Mitigasi Banjir Bandang Jangka Panjang, Jembatan Biluk Poh Bali Bakal Diduplikasi

"Total daerah sekitar 2.500 hektar yang akan dilayani oleh pompa ini,” tambah Bambang.

Tak hanya itu, pihaknya turut berencana untuk memperbaiki Pompa Ancol agar bisa bersinergi dengan Pompa Sentiong.

Terkait hal ini, Pj Gubernur Heru berharap dua pompa yang datang lebih awal bisa segera digunakan untuk mengantisipasi bencana musim hujan.

"Lalu untuk dua pompa yang sudah ada bisa dipergunakan untuk (antisipasi musim hujan) yang dimulai pada bulan Oktober ini," pungkas Pj Gubernur Heru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com