Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbaikan Jalan Rusak Imbas Proyek LRT dengan Aspal Panas dan Dingin, Ketahui Bedanya

Kompas.com - 22/10/2022, 14:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta lewat Dinas Bina Marga DKI Jakarta melakukan perbaikan Jalan Rasuna Said yang rusak akibat pembangunan Light Rail Transit (LRT) Jabodebek.

Melansir laman resmi Pemprov DKI Jakarta, Sabtu (22/10/2022), perbaikan jalan dilakukan mulai Rabu (19/10/2022) hingga Kamis (20/10/2022).

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan, Tim Insidentil Unit Alkal Dinas Bina Marga menggunakan hotmix atau aspal panas pada malam hari.

Perbaikan pada malam hari dilakukan dengan sistem modul dan ditujukan untuk kerusakan jalan yang lebih lebar dan lebih parah.

Sementara pada Jumat siang, penutupan lubang jalan dilakukan dengan bahan coldmix atau aspal dingin untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan pengguna jalan.

Baca juga: PP Berencana Lepas Saham Jalan Tol Tahun 2025

"Kami masih akan terus menyisir jalanan yang perlu diperbaiki dan dilakukan pemeliharaan," ujarnya.

Lantas, apa itu aspal panas dan aspal dingin?

Dilansir dari Zydex Industries, Kamis (27/1/2022), aspal panas adalah jenis aspal yang dalam penerapannya harus dipanaskan hingga 148,8 derajat celcius dalam oven khusus untuk membantu mengurangi waktu pengeringan jalan.

Jumlah tipikal bahan bakar yang digunakan untuk memproduksi 1 ton aspal panas adalah sebanyak 8 galon.

Jenis aspal ini juga sering dibandingkan dengan warm mix asphalt atau aspal hangat yang diklaim lebih ramah lingkungan karena mengonsumsi bahan bakar yang 20 persen lebih sedikit dari konsumsi aspal panas.

Baca juga: Soal Rusaknya Jalan Limo Raya Imbas Proyek Tol Cijago, Ini Solusi Kontraktor

Sedangkan aspal dingin dibuat dengan cara mengemulsi aspal dengan air dan zat pengemulsi, sebelum dicampur dengan agregat sehingga menghasilkan aspal yang kurang kental.

Aspal dingin terkenal dengan harganya yang relatif terjangkau dan kerap digunakan untuk memperbaiki lubang jalan serta trotoar dengan kondisi permukaan sudah aus.

Kelebihan lain dari aspal dingin adalah pengaplikasiannya yang mudah dan tidak memerlukan mesin khusus berteknologi tinggi. Peralatan pengaspalan standar cukup untuk membantu penggunaan aspal dingin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com