Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trans-Papua Segmen Memberamo-Elelim Bakal Dilelang Akhir November 2022

Kompas.com - 21/10/2022, 20:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Trans-Papua Ruas Jayapura-Wamena Segmen Memberamo-Elelim bakal dilelang pada akhir November 2022 atau tepatnya pada minggu ketiga.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Infrastruktur Jalan dan Jembatan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Reni Ahiantini pada Jumat (21/10/2022).

"Pelelangan (agenda pada minggu ketiga November 2022), pengumuman pra-kualifikasi," kata Reni menjawab Kompas.com.

Lanjut Reni, segmen jalan yang menggunakan skema Kerja sama Pemerintah Badan Usaha-Availability Payment (KPBU-AP) dari ruas tersebut hanya Segmen Memberamo-Elelim sepanjang 50,14 kilometer.

Sementara untuk sisa jalan di Ruas Jayapura-Wamena bakal digarap menggunakan berbagai mekanisme.

Baca juga: PP Berencana Lepas Saham Jalan Tol Tahun 2025

Mekanisme tersebut meliputi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dan KPBU.

Di sisi pembebasan lahan, Reni memaparkan prosesnya telah rampung karena area tersebut merupakan jalan eksisting. Hanya saja masih berupa jalan padat perkerasan.

Sebelumnya, Kementerian PUPR telah menggelar penjajakan minat pasar proyek ini dengan nilai investasi Rp 3,526 triliun pada Selasa (6/9/2022).

Hal ini disampaikan Kepala Subdirektorat Koordinasi Kerja sama dan Investasi Direktorat Pelaksanaan Pembiayaan Infrastruktur Jalan dan Jembatan Kementerian PUPR Hanny Junita Salendu dalam sambutannya pada acara tersebut.

"Dalam kesempatan market sounding kali ini, proyek KPBU yang dikenalkan adalah pembangunan Jalan Trans Papua Ruas Jayapura-Wamena Segmen Mamberamo-Elelim di Provinsi Papua dengan nilai investasi sebesar Rp 3,526 triliun," jelas Hanny.

Baca juga: Siap-siap, Tol Pekanbaru-Bangkinang Dioperasikan Tanpa Tarif Akhir Oktober

Adapun Ruas Jalan Jayapura-Wamena adalah salah satu jalan penghubung logistik kedua daerah.

Jalan ini juga menghubungkan delapan kota dan kabupaten, sehingga sangat diperlukan untuk kelancaran logistik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com