Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Jitu yang Bisa Ditiru Anak Muda agar Bisa Punya Rumah

Kompas.com - 21/10/2022, 17:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR memberikan kiat agar anak muda di Indonesia bisa menabung dan membeli rumah pertamanya. Baik itu berupa rumah bersubsidi maupun non-bersubsidi.

Namun untuk dapat mencapainya, generasi milenial perlu memiliki strategi pengelolaan keuangan yang baik, serta bisa mengubah gaya hidup.

Hal itu tersaji dalam Webinar Kementerian PUPR dan Bank BTN yang bertajuk “Strategi Kelola Keuangan Untuk Generasi Muda (Need vs Invesment)” pada Jumat (21/10/2022).

Sekretaris Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR M Hidayat menyampaikan, pihaknya bersama Bank BTN sangat mendukung generasi muda yang ingin memiliki rumah pertama.

"Namun untuk itu generasi muda harus memiliki strategi pengelolaan keuangan yang baik serta mengubah gaya hidup," ujarnya dikutip dari laman Ditjen Perumahan.

Dia mencontohkan, gaya hidup generasi milenial masa kini yang lebih suka nongkrong di kafe untuk ngopi. Padahal biayanya tidak murah.

Baca juga: Dengan Gaji Rp 10 Juta Per Bulan, Berapa Harga Rumah yang Bisa Dibeli Milenial?

"Harga kopinya juga nggak murah sekitar Rp 80 ribu. Jika sehari dua kali ngopi maka sekitar Rp 3,5 juta (22 hari)," tandasnya.

"Harus ada niat untuk mengubah gaya hidup dan dana tersebut sebenarnya bisa disisihkan untuk digunakan membayar cicilan rumah," imbuhnya.

Menurut Hidayat, ketika hendak membeli rumah, generasi muda bisa memanfaatkan beberapa kemudahan melalui fasilitas kredit pemilikikan rumah (KPR).

Seperti FLPP dan bantuan pembiayaan dari BP Tapera. Selain itu, bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) juga bisa memanfaatkan program Tapera.

"Para ASN muda juga harus mulai memikirkan bagaimana bisa miliki rumah pertama. Jangan banyak memikirkan banyak hal seperti harga tapi beli saja rumah yang mungkin lokasinya dipinggiran kota," katanya.

Baca juga: Dorong Anak Muda Segera Beli Rumah, Basuki: Kontrakan Tiap Tahun Naik

Karena rumah merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi selain sandang dan pangan.

Sehingga generasi muda harus bisa berkorban, misalnya dengan mengurangi gaya hidup mewah untuk menabung dan memiiliki rumah.

Hidayat juga menyarankan saat membeli rumah pertama bisa menggunakan bantuan pembiayaan dari bank. Sehingga lebih aman dari sisi administrasi maupun keamanan.

Menngingat bank pastinya juga akan mengecek pengembang dan nasabah agar kredit rumah dan hasil pembangunan rumahnya berkualitas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com