BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Sinar Mas Land

Tawarkan Banyak Keuntungan, Ini 4 Alasan Membeli Properti pada Akhir Tahun

Kompas.com - 18/10/2022, 16:35 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Anissa DW

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Sektor properti menunjukkan tanda-tanda positif seiring membaiknya pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal II 2022. Hal ini ditandai dengan naiknya harga properti residensial, seperti rumah tapak.

Menurut catatan Bank Indonesia, Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) triwulan II 2022 meningkat sebesar 1,72 persen secara tahunan atau year on year (yoy). Selanjutnya, pada triwulan III 2022, pertumbuhan harga properti residensial primer diperkirakan kembali meningkat terbatas sebesar 1,53 persen.

Tren positif tersebut juga didukung laporan Indonesia Property Market Index Q3 2022 dari Rumah.com. Berdasarkan laporan ini, indeks harga properti nasional pada kuartal kedua 2022 bergerak naik secara kuartalan sebesar 3,2 persen dan sebesar 5,7 persen secara tahunan.

Baca juga: Dambakan Hunian Mewah dengan Fasilitas Premium? Berikut Karakteristik yang Perlu Diketahui

Masih dari sumber yang sama, minat konsumen terhadap properti kelas menengah ke atas terus meningkat. Pada kuartal kedua 2022, pencarian terhadap properti dengan harga di atas Rp 1 miliar mendominasi, yakni sebesar 55 persen.

Jelang akhir tahun, minat masyarakat terhadap pun properti cenderung meningkat. Ini karena sebagian masyarakat menilai bahwa akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk memiliki hunian sebelum harganya naik mulai awal tahun depan.

Nah, kalau Anda adalah salah satu yang sudah memiliki anggaran khusus untuk membeli rumah, tak ada salahnya melirik dan mulai mencari hunian impian. Berikut Kompas.com rangkumkan empat alasan dan keuntungan membeli rumah pada akhir tahun.

1. Investasi rumah selalu menjanjikan

Rumah atau properti secara umum dapat menjadi salah satu pilihan instrumen investasi yang menjanjikan. Pasalnya, investasi rumah dapat memberikan dua keuntungan sekaligus, yakni capital gain dari hasil jual aset dan menyewakan properti.

Sebagai gambaran, capital gain properti di lokasi strategis berkisar 15-35 persen dalam setahun. Jika berinvestasi properti seharga Rp 1 miliar dengan capital gain 35 persen, Anda akan mendapatkan keuntungan mencapai Rp 350 juta.

Baca juga: Tren Pertumbuhan Properti Meningkat pada Triwulan I 2022, Ini Keuntungan Investasi Properti

Selain capital gain, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari menyewakan properti. Adapun potensi keuntungan dari menyewakan rumah tergantung dari peruntukannya.

Misalnya, rumah yang disewakan dapat memberikan imbal hasil berkisar 3-5 persen per tahun. Sementara itu, rumah yang dijadikan kos-kosan dapat memberikan keuntungan 5-7 persen.

2. Harga properti cenderung naik pada awal pergantian tahun

Harga rumah cenderung mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Pasalnya, properti residensial serta komersial memiliki stok terbatas, sedangkan permintaan cenderung meningkat setiap tahun.

Baca juga: Melirik Kawasan Superblok sebagai Hunian? Ketahui Dulu 5 Keunggulannya

Selain itu, terdapat berbagai faktor lain yang turut mendongkrak harga properti, seperti kenaikan suku bunga kredit pemilikan rumah (KPR), harga bahan bakar minyak (BBM), serta inflasi. Seperti diketahui, kenaikan harga BBM dan inflasi dapat menaikkan harga material bangunan setiap tahun, mulai dari paku, pasir, batu bata, semen, kayu, hingga cat.

Dengan membeli rumah pada akhir tahun, Anda akan terhindar dari hal-hal tersebut.

3. Masih ada program DP 0 persen

Salah satu keuntungan membeli rumah pada akhir 2022 adalah masih dapat menikmati program uang muka atau down payment (DP) 0 persen dari Bank Indonesia (BI). Program ini dapat membantu Anda mencicil rumah tanpa mengeluarkan biaya besar pada awal pembelian.

Seperti diketahui, pembelian rumah melalui KPR mensyaratkan calon pembeli untuk membayar DP yang cukup besar, yakni sebesar 10-30 persen dari harga rumah. Hal ini memberatkan bagi sebagian orang.

Syarat DP tersebut berlaku untuk berbagai jenis properti, seperti rumah, rumah toko (ruko), rumah kantor (rukan), rumah susun, serta apartemen.

Sejalan dengan hal tersebut, BI juga memperpanjang ketentuan rasio loan to value atau financing to value (LTV/FTV) kredit pembiayaan properti menjadi 100 persen. Kedua kebijakan ini berlaku hingga 31 Desember 2022.

Apartemen Southgate.DOK. Sinar Mas Land. Apartemen Southgate.

4. Banyak promo menarik

Pengembang atau developer properti menjadikan akhir tahun sebagai momentum untuk meningkatkan minat konsumen memiliki rumah sebelum mengalami kenaikan harga pada awal tahun. Tak heran, bila pengembang kerap menawarkan promo, potongan harga, serta cashback untuk konsumen yang membeli properti pada periode ini.

Hal tersebut dapat dimanfaatkan konsumen untuk mendapatkan rumah idaman dengan harga lebih murah. Selanjutnya, konsumen dapat memanfaatkan potongan cashback atau diskon tersebut untuk membeli berbagai kebutuhan rumah, seperti perabotan atau peralatan dapur.

Meski demikian, konsumen harus memilih developer tepercaya untuk membeli properti idaman. Dengan begitu, konsumen akan mendapatkan properti berkualitas yang sesuai harapan.

Salah satu developer tepercaya yang memberikan promo menarik pada akhir tahun adalah Sinar Mas Land. Developer terkemuka ini memiliki program Double Dream periode 3 yang berlaku mulai 1 Oktober 2022 hingga 31 Desember 2022. Program ini merupakan kelanjutan dari Double Dream 1 dan 2 yang sudah berlalu.

Konsumen yang membeli properti selama periode tersebut bisa menghemat hingga 22,5 persen serta bebas biaya lainnya. Selain itu, promo tersebut juga menawarkan grand prize berupa satu unit apartemen Southgate Altuera tipe Studio.

Sebagai informasi, Promo Double Dream 3 berlaku untuk hampir semua proyek Sinar Mas Land yang tersebar di kawasan BSD City, Tangerang, Jakarta, Surabaya, Balikpapan, dan Batam.

Untuk kawasan BSD City, Sinar Mas Land memiliki berbagai rumah tapak di klaster unggulan yang bisa dipilih konsumen.

Beberapa di antaranya adalah The Mozia, The Green, The Eminent, Vanya Park, Greenwich Park, Freja, Tabebuya serta Taman Banjar Wijaya di Tangerang.

Masih di lokasi yang sama, Sinar Mas Land memiliki apartemen yang terletak di kawasan strategis BSD, yakni Casa de Parco.

Sinar Mas Land pun memiliki ruko dengan konsep modern di BSD City, yakni Kios Autoparts, Ruko Provence Suites, West Park, Ruko Pasar Modern Barat, TabeSpot, serta The Savia.

Untuk area Jakarta, Sinar Mas Land memiliki tiga apartemen mewah berlokasi strategis, yakni The Elements di Kuningan, Jakarta Selatan, Aerium yang terletak di Taman Permata Buana, Jakarta Barat, serta Southgate di TB Simatupang, Jakarta Selatan.

Untuk kawasan Surabaya, Sinar Mas Land memiliki perumahan Wisata Bukit Mas dan apartemen Klaska Residence. Sedangkan di Grand City Balikpapan, Sinar Mas Land menawarkan klaster Pineville, Hayfield dan Hyland.

Nuvasa Bay - Batam.DOK. Sinar Mas Land. Nuvasa Bay - Batam.

Lalu, di Batam, Sinar Mas Land memiliki kawasan yang cocok untuk investasi, yakni The Nove Nuvasa Bay. Konsumen dapat membeli The Nove Landed House dan apartemen.

Tak hanya properti berkualitas, Sinar Mas Land juga menawarkan kemudahan pembayaran melalui kerja sama dengan beberapa bank. Sebut saja, CIMB Niaga, Bank Mandiri, BCA, OCBC NISP, BNI, Permata, Maybank, UOB, BTN, Danamon, Commonwealth, Bank Sinarmas, Panin, BRI, CCB Indonesia, serta BSI.

Segera wujudkan rumah idaman Anda melalui produk hunian Sinar Mas Land yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Double Dream, Anda bisa mengunjungi website Sinar Mas Land dan e-Catalog Sinar Mas Land. Anda juga dapat menghubungi nomor telepon 021 53159000 untuk mendapatkan informasi mengenai properti Sinar Mas Land.


Terkini Lainnya

Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com