Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hampir Selesai, Wajah Baru TMII Menunggu Diresmikan Jokowi

Kompas.com - 16/10/2022, 17:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan renovasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) hampir selesai dan menunggu diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal itu disampaikannya saat acara Fun Walk di TMII dalam rangka Peringatan Hari Habitat Dunia & Hari Kota Dunia 2022 (HHD-HKD 2022) bertemakan “Kolaborasi Pentahelix dalam Pembangunan Permukiman dan Perumahan Perkotaan Menuju Nol Kumuh”, pada Minggu (16/10/2022).

"Sejak dibangun pada tahun 1970-an, baru kali ini diadakan renovasi besar-besaran di TMII. Untuk progresnya sudah hampir selesai, menunggu peresmian dari Presiden," ujar Basuki dalam keterangan tertulis.

Kementerian PUPR telah melakukan penataan dan revitalisasi sarana prasarana kawasan TMII sebagai salah satu venue pendukung bagi presidensi Indonesia pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 dengan total anggaran sebesar Rp 1,08 triliun.

Baca juga: Bukan Program Kementerian PUPR, Anjungan TMII Ditata Masing-masing Pemda

Selain itu, penataan kawasan TMII juga dilakukan sebagai upaya untuk merawat bangunan bersejarah dan menjadikannya ikon baru kebanggaan Indonesia.

Penataan dan renovasi kawasan TMII ini mengadopsi konsep destinasi wisata rakyat.

Adapun di DKI Jakarta, terdapat 3 destinasi wisata rakyat, yaitu Kebun Binatang Ragunan, Kawasan Ancol, serta TMII.

"Diharapkan masyarakat yang masuk ke Kawasan TMII ini bisa piknik disini membawa tikar, serta bekal makan siang. Inilah Taman Mini kita yang baru, destinasi wisata rakyat dengan environmental yang sudah bagus," terangnya.

Basuki juga berpesan supaya selalu menjaga kebersihan, terlebih kawasan seluas 150 hektar ini merupakan salah satu aset negara yang berharga.

"Kebersihan harus dijaga, karena sangat tidak mudah untuk mengurus ini. Kita harus keras dan disiplin untuk menjaga kawasan ini tetap terjaga," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com