Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap, Sulsel Bakal Punya MRT Lho

Kompas.com - 06/10/2022, 19:45 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) bakal memiliki transportasi publik berupa Moda Raya Terpadu (MRT).

Hal itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara PT MRT Jakarta (Perseroda) dan PT Mammanisata Raja Transportasi pada Rabu (05/10/2022).

Terkait Penjajakan Kerja Sama Pelaksanaan Jasa Konsultasi Pengembangan Moda Raya Terpadu Sulawesi Selatan.

Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) Mohamad Aprindy menyampaikan, selalu siap dan membuka lebar-lebar pintu kerja kolaborasi dengan daerah lain di Indonesia yang ingin membangun sistem transportasi massal.

Baca juga: Sejarah Panjang MRT Jakarta, Diinisiasi Habibie dan Dibangun Pasangan Jokowi-Ahok

Adapun tentang kerja sama ini, kedua belah pihak akan melakukan penyusunan kerangka kerja sama terkait jasa konsultasi mengenai penyelenggaraan MRT di Sulsel.

"Termasuk pendampingan, bimbingan, dan/atau pelatihan pada tahap perencanaan, pembangunan, pengawasan proyek, pengoperasian, pemeliharaan, pengusahaan dan pengembangan bisnis," ujar Aprindy dikutip dari laman resmi PT MRT Jakarta.

Rencananya, kerja sama ini akan berlangsung selama satu tahun ke depan.

Baca juga: Tingkatkan Pendapatan, LRT Palembang Ajak MRT Jakarta Berkolaborasi

Secara teknis, PT MRT Jakarta akan membantu menyiapkan studi kelayakan (feasibility study) dan basic engineering design pembangunan MRT di Sulsel.

Pengalaman membangun sistem transportasi perkeretapiaan perkotaan di Jakarta akan menjadi pembelajaran baik bagi daerah lain di Indonesia yang ingin mengembangkan sistem transportasi massalnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com