Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Ada 4.170 Hektar Kawasan Kumuh, Pemda Diminta Tangani secara Bertahap

Kompas.com - 04/10/2022, 11:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendorong awareness (kesadaran) dari Pemerintah Daerah (Pemda) dalam menuntaskan sisa penanganan permukiman kumuh seluas 4.170 hektar.

Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti mengatakan, ini merupakan upaya agar tidak selalu membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) milik Pemerintah Pusat.

Hal ini disampaikan Diana dalam konferensi pers Peringatan Hari Habitat Dunia (HDD) dan Hari Kota Dunia (HKD) 2022, Senin (3/10/3022).

"Jadi, Pemda di sini harus kita dorong untuk dia ada awareness-nya (kesadarannya), ada rasa memiliki bahwa daerahnya harus ditangani. Karena, kalau kita tangani terus, nanti seolah-olah ini miliknya pusat, berarti pemeliharaannya pusat juga," tegas Diana.

Baca juga: PR Kabinet Jokowi hingga 2024: Ada 4.170 Hektar Permukiman Kumuh yang Belum Ditangani

Diana kembali menegaskan, pihaknya akan terus mendorong Pemda agar bisa menangani permukiman kumuh ini secara bertahap. Sehingga, harus ada pembicaraan lebih lanjut dengan pihak tersebut.

"Misalnya, tahun ini sekitar 2.000-an, berarti ke depan sudah berkurang lagi menjadi 2.000- an, ke depan lagi mudah-mudahan bersama-sama dengan Pemda ini nanti sudah habis," tuturnya.

Penanganan permukiman kumuh ini merupakan bagian dari peringatan HHD-HKD 2022 dengan tema nasional "Kolaborasi Pentahelix dalam Pembangunan Permukiman dan Perumahan Perkotaan menuju Nol Kumuh.”

Tujuannya adalah untuk penyebarluasan capaian dan upaya meningkatkan komitmen serta partisipasi berbagai pihak dalam pembangunan perkotaan yang berkelanjutan dan inklusif tanpa meninggalkan seorang pun dan satu wilayah pun.

Hal ini sesuai dengan komitmen Indonesia dalam Sustainable Development Golas (SDGs) tujuan ke-11 “New Urban Agenda” (NUA). Saat ini, peringatan HHD 2022 diperingati di Balikesir, Turki, tepat pada 3 Oktober 2022.

Sementara HKD diperingati pada 31 Oktober 2022 di Shanghai, China. Puncak peringatan HHD di Indonesia akan diselenggarakan pada peringatan HKD yaitu pada minggu keempat Oktober tahun 2022 ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com