Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Tinggal Dekat Pasar Apung Kota Banjarmasin? Ini Rekomendasinya (I)

Kompas.com - 03/10/2022, 17:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banjarmasin adalah kota terbesar di Kalimantan Selatan yang pernah menjadi ibu kota provinsi tersebut sebelum dipindahkan ke Kota Banjarbaru.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), luas Kota Banjarmasin adalah 98,46 kilometer persegi dengan jumlah penduduk mencapai 662.320 jiwa per tahun 2021.

Salah satu ikon di Kota Banjarmasin adalah Pasar Apung yang bahkan dijadikan sebagai destinasi wisata di sana.

Kota Banjarmasin adalah salah satu wilayah yang memiliki akses terdekat dengan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Oleh karena itu, Pemerintah Indonesia membangun sejumlah infrastruktur di Kota Banjarmasin untuk semakin memajukan daerah tersebut.

Kota Banjarmasin juga menjadi daerah yang dilirik oleh para pengembang perumahan subsidi. Hal ini terlihat dari sejumlah rumah murah yang telah terdaftar dalam Sistem Informasi Kumpulan Pengembang (Sikumbang).

Bagi Anda yang tengah mencari rumah di Kota Banjarmasin, berikut beberapa pilihannya:

Bagian kedua artikel ini bisa Anda baca tautan berikut: Mau Tinggal Dekat Pasar Apung Kota Banjarmasin? Ini Rekomendasinya (II)

1. Pondok Kharisma

Perumahan ini berlokasi di Pemurus Dalam, Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin yang dikembangkan oleh PT Kharisma Bangun Banua.

Tersisa 7 unit rumah subsidi seharga Rp 164 juta untuk luas bangunan 36 meter persegi dan luas lahan 82 meter persegi.

2. Surya Putri Borneo

Dikembangkan oleh PT Surya Hunian Abadi, perumahan ini berlokasi di Sungai Lulut, Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin.

Baca juga: Milenial, Terapkan Rumus Jitu Ini agar Bisa Punya Rumah

Masih tersedia 37 rumah subsidi dengan 1 unit lain telah terjual seharga Rp 164,5 juta untuk luas bangunan 36 meter persegi dan luas lahan 88 meter persegi.

3. Komplek Tamara Village

Berlokasi di Basirih Selatan, Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin, perumahan ini dikembangkan oleh PT Fitria Trans Tamara.

Masih terdapat 23 unit rumah subsidi dengan harga jual Rp 164,5 juta untuk luas bangunan 30 meter persegi dan luas lahan 90 meter persegi.

4. Village Sunny Residence

Perumahan ini berlokasi di Kelayan Timur, Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin yang dikembangkan oleh PT Haris Sunny Properti.

Tersedia 32 unit rumah murah seharga Rp 164,5 juta untuk luas bangunan 36 meter persegi dan luas lahan 84 meter persegi.

5. Berkah Banua Permai

Perumahan ini berlokasi di Sungai Andai, Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin yang dikembangkan oleh PT Berkah Bangun Banua.

Masih terdapat 17 unit rumah murah seharga Rp 164 juta untuk luas bangunan 36 meter persegi dan luas lahan 80 meter persegi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com