Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Bangunan KAI Bakal Pakai Solar Panel pada 2023

Kompas.com - 26/09/2022, 21:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) bakal memperluas penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap atau solar panel pada aset-asetnya tahun 2023.

Setelah tahun ini meresmikan penggunaan solar panel di Stasiun Gambir dan Gedung Jakarta Railway Center (JRC) pada Senin (26/09/2022).

Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Usaha PT KAI Persero Sandry Pasambuna mengatakan, untuk tahun 2022 pihaknya memang menargetkan dua aset sebagai pilot project penggunaan solar panel. Yakni di Stasiun Gambir dan Gedung JRC.

"Nanti 2023 kita akan memasang PLTS di 40 bangunan yang tersebar di seluruh Indonesia, khususnya Sumatera dan Jawa," ujarnya dalam jumpa pers di Jakarta pada Senin (26/09/2022), dikutip dari Kompas.com.

Hal senada juga disampaikan Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko KAI Salusra Wijaya, sebagaimana dilansir dari laman resmi KAI.

Baca juga: Dua Aset Bangunan KAI Resmi Gunakan Solar Panel, Di Mana Saja?

Menurut dia, ke depannya KAI akan meningkatkan daya Solar Panel tersebut dan menambah lokasi pemasangannya pada aset-aset KAI lainnya secara bertahap.

Sehingga akan terjadi efisiensi dalam penggunaan listrik dan pengendalian energi bangunan serta penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT) dapat semakin meluas di seluruh wilayah kerja KAI.

Dengan terpasangnya Solar Panel ini, KAI turut mendukung program pemerintah dalam menyambut Presidensi G20 Indonesia terkait isu prioritas Transisi Energi Berkelanjutan.

Langkah ini juga selaras dengan kebijakan pemerintah untuk mengurangi gas rumah kaca menuju Net Zero Emission di tahun 2060.

"KAI konsisten mengaplikasikan ESG di perusahaan dengan harapan akan terwujud bisnis yang sustain. Dengan demikian, KAI dapat terus memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pelanggannya," tutup Salusra.

 

Penulis: Elsa Catriana | Editor: Yoga Sukmana

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com