Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Melindungi Panel Surya di Rumah Saat Musim Hujan Tiba

Kompas.com - 15/09/2022, 17:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Panel surya memang dirancang untuk tahan dan tetap berfungsi dalam segala kondisi termasuk ketika musim hujan tiba.

Namun, Anda harus tetap melidunginya ketika musim hujan datang karena petir dapat menyebabkan kerusakan fisik pada panel surya dan membuatnya tidak produktif.

Agar panel surya di rumah Anda tetap terjaga, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaganya tetap aman selama musim hujan dan meniadakan biaya perbaikan.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Anda Tak Perlu Memiliki Panel Surya di Rumah

Menggunakan penutup khusus

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah menutupi panel surya dengan penutup khusus ketika memasuki musim hujan.

Meskipun demikian, penutup ini dapat paparan sinar matahari secara langsung, yang membuat produktivitas panel akan sedikit berkurang.

Selain itu, Anda dapat menutupi panel surya dengan lapisan metakrilat, yang yang terbuat dari bahan plastik polimer.

Karena lapisan metakrilat cukup tipis, sinar matahari dapat dengan mudah melewatinya, yang berarti akan melindungi panel surya Anda tanpa mempengaruhi produktivitas.

Baca juga: Bolehkah Mencuci Panel Surya dengan Deterjen?

Atur kembali posisi panel

Menata kembali posisi panel surya merupakan solusi selanjutnya untuk melindungi panel dari hujan lebat.

Temukan sudut terbaik yang memungkinkan air meluncur dari permukaan panel, dan menjaganya tetap bersih dan produktif.

Saefuloh, warga Dusun Bondan, Desa Ujung Alang, Kecamatan Kampung Laut, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, sedang melakukan perawatan pada panel surya Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid (PLTH) di dusun tersebut. Dengan pembangkit listrik tenaga bayu dan surya tersebut, setiap rumah mendapat daya listrik sebesar 500 watt.DOK B ADI YUWONO/IKLAN KOMPAS Saefuloh, warga Dusun Bondan, Desa Ujung Alang, Kecamatan Kampung Laut, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, sedang melakukan perawatan pada panel surya Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid (PLTH) di dusun tersebut. Dengan pembangkit listrik tenaga bayu dan surya tersebut, setiap rumah mendapat daya listrik sebesar 500 watt.

Pakai robot pembersih

Jika memiliki banyak dana, Anda dapat menggunakan robot pembersih yang menjaga panel surya tetap aman saat hujan atau saat cuaca buruk.

Meskipun robot mungkin tidak mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh hujan, namun robot dapat berkontribusi dengan membersihkan semua kotoran dan daun yang menempel pada panel surya.

Pekerjakan teknisi profesional

Sekali atau dua kali setahun, Anda perlu memanggil teknisi profesional untuk memeriksa panel surya Anda.

Ini untuk memastikan bahwa panel surya Anda berada dalam keadaan aman  dan bisa berfungsi dengan baik setelah  musim hujan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com