Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Dimulai, Ini Tantangan Bangun MRT Fase 2A Harmoni-Mangga Besar

Kompas.com - 11/09/2022, 15:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan proyek MRT Jakarta Fase 2A CP202 yang menghubungkan Stasiun Harmoni hingga Mangga Besar telah dimulai.

Hal itu ditandai dengan berlangsungnya Groundbreaking CP202 MRT Jakarta Fase 2A yang diselenggarakan oleh PT MRT Jakarta, pada Sabtu (10/09/2022).

Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) Mohamad Aprindy menyampaikan, pengerjaan paket CP202 akan membutuhkan waktu 89 bulan.

Pembangunan Fase 2A khususnya CP202 memiliki sejumlah tantangan, mulai dari teknis hingga sosial-budaya.

Paket proyek ini memiliki karakteristik yang unik dengan lahan pembangunan terbatas dan jalur yang dibelah oleh kanal.

"Oleh karena itu, stasiun dan terowongan yang ada dalam paket kontrak ini, akan dibangun bertumpuk empat atau istilahnya stacked station dan stacked tunnel," ujar Aprindy dikutip dari laman PT MRT Jakarta.

Baca juga: Makan Biaya Rp 22,5 Triliun, Ini Rincian Proyek MRT Jakarta Fase 2A

Selain tantangan teknis tersebut, lokasi pembangunan berada di kawasan bersejarah Jakarta yang banyak dikelilingi oleh bangunan cagar budaya.

"Membuat kami harus benar-benar memperhatikan aspek ini, termasuk banyak bekerja sama dan berkoordinasi intensif dengan instansi terkait, baik dari pemerintah maupun perguruan tinggi," pungkasnya.

Perlu diketahui, paket CP202 merupakan bagian dari proyek MRT Fase 2A dengan total panjang jalur 5,8 kilometer dan membentang dari Bundaran HI ke Kota Tua.

Melewati tujuh stasiun bawah tanah yaitu Thamrin-Monas-Harmoni-Sawah Besar-Mangga Besar-Glodok-Kota.

Khusus untuk CP202, merupakan paket kontrak sipil terakhir yang ditandatangani.

Paket kontrak ini meliputi pembangunan tiga stasiun, yaitu Harmoni, Sawah Besar, Mangga besar, beserta terowongan sepanjang sekitar 1,2 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com