Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Jalan Mamberamo-Elelim Ditawarkan ke Swasta, Nilai Investasi Rp 3,52 Triliun

Kompas.com - 06/09/2022, 12:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar market sounding (penjajakan minat pasar) Jalan Trans Papua Ruas Jayapura-Wamena Segmen Mamberamo-Elelim di Provinsi Papua dengan nilai investasi Rp 3,526 triliun, Selasa (6/9/2022).

Hal ini disampaikan Kepala Subdirektorat Koordinasi Kerja sama dan Investasi Direktorat Pelaksanaan Pembiayaan Infrastruktur Jalan dan Jembatan Kementerian PUPR Hanny Junita Salendu dalam sambutannya pada acara tersebut.

"Dalam kesempatan market sounding kali ini, proyek KPBU (Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha) yang dikenalkan adalah pembangunan Jalan Trans Papua Ruas Jayapura-Wamena Segmen Mamberamo-Elelim di Provinsi Papua dengan nilai investasi sebesar Rp 3,526 triliun," jelas Hanny.

Jalan tersebut nantinya dirancang membentang 50,14 kilometer dengan masa konsesi selama 15 tahun.

Baca juga: Pembangunan Jalan Trans-Papua Tembus 3.279 Kilometer, Ini Sisanya

Informasi itu disebutkan Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Infrastruktur Jalan dan Jembatan Direktorat Jenderal (Ditjen) Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian PUPR Reni Ahiantini.

Bernard Hermanto Paket kontrak pembangunan dua jalan tol IKN resmi dikerjakan

"Skema pengembalian investasinya melalui availability payment (AP) dan direncanakan akan masuk tahap pelelangan Kuartal IV tahun 2022," ungkap Reni.

Reni menuturkan, Jalan Trans Papua Ruas Jayapura-Wamena Segmen Mamberamo-Elelim merupakan proyek KPBU solicited (diprakarsai Pemerintah).

Kehadiran infrastruktur konektivitas tersebut bertujuan untuk meningkatkan ekonomi di Provinsi Papua.

Kemudian, meningkatkan ketersediaan jaringan jalan, khususnya Jalan Trans Papua, yang merupakan bagian dari jalan non-tol di Papua dan menjadi tulang punggung regional di Papua.

Pembangunan Jalan Trans Papua juga akan meningkatkan pusat produksi lahan sumber daya alam (SDA) Indonesia yang merupakan sumber energi nasional.

"Hal tersebut menjadikan Jalan Trans Papua ini sebagai jalan arteri menjadi signifikan karena mendukung aktivitas dan fungsi perekonomian di Papua, khususnya ruas Jayapura-Wamena," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com