Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Gedung Berbentuk Unik di Bangkok, Mulai dari Robot hingga Gajah

Kompas.com - 15/08/2022, 11:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Bangkok merupakan salah satu kota di dunia yang memiliki puluhan gedung pencakar langit. Bahkan bangunan beton yang menjulang tinggi merupakan pemandangan biasa bagi masyarakat di sana.

Sebagai kota modern, lanskap kota Bangkok kerap dijadikan lahan bermain para arsitek untuk mewujudkan konsep arsitektur yang unik.

Tak heran, jika di Bangkok Anda bisa melihat pemandangan gedung yang tak biasa mulai dari yang berbentuk robot hingga gajah.

Baca juga: Ungguli Jakarta, Bangkok Punya Empat Supertall

Berikut 5 bentuk gedung pencakar langit di Bangkok dengan bentuk super unik seperti dikutip dari Fresh Bangkok.

1. Robot Building

Jika Anda berpikir bahwa Robot Building merupakan gedung untuk perusahaan robot, maka Anda salah besar.

Robot Building adalah kantor pusat salah satu bank di Thailand yakni United Overseas Bank yang berlokasi di 191 South Sathorn Road di Distrik Sathorn, Bangkok.

Sebelumnya, gedung ini merupakan miliki Bank of Asia yang kemudian diakuisisi oleh United Overseas Bank pada tahun 2005.

Bangunan ini dirancang oleh arsitek Thailand Sumet Jumsai. Ia diminta oleh pihak Bank of Asia untuk mendesain kantor pusat yang akan mencerminkan komputerisasi perbankan.

Baca juga: Bangkok Destinasi Workation Terbaik di Dunia, Bagaimana Jakarta?

Untuk waktu yang lama, Sumet berjuang untuk membuat desain yang cocok. Tapi kemudian putranya masuk ke ruang kerjanya membawa robot mainan, dan inspirasi pun muncul. Gedung ini selesai dibangun pada tahun 1987 dan memiliki 20 lantai.

2. MahaNakhon

MahaNakhon Building di Bangkok, ThailandShutterstock MahaNakhon Building di Bangkok, Thailand
Bangunan unik berikutnya adalah MahaNakhon yang berada di Kawasan Bisnis Silom-Sathorn. Gedung setinggi 314 meter ini merupakan gedung mixed use yang berisi hotel, ritel dan tempat tinggal mewah.

Bila dilihat dari jauh, supertall ni terlihat memiliki piksel yang berputar di sepanjang fasad bangunan yang terbuat dari kaca.

Desainnya sendiri dikerjakan oleh arsitek asal Jerman, Ole Scheeren untuk menggambarkan ambisi dan kegembiraan salah satu kota paling dinamis di dunia.

3. G Tower

G Tower di Bangkok, ThailandShutterstock G Tower di Bangkok, Thailand

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com