Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Rabu Ini, Lewat Tol Serpong-Balaraja Seksi 1A Gratis

Kompas.com - 10/08/2022, 06:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tol Serpong-Balaraja (Serbaraja) Seksi 1A akan dibuka tanpa tarif alias gratis mulai Rabu (10/8/2022) hingga Minggu (21/8/2022).

Asal tahu saja, seksi tersebut menghubungkan ujung jalan tol eksisting (Ulujami-Pondok Aren-Serpong) di sisi klaster The Green BSD City menuju Simpang Susun (SS) Central Business District (CBD) BSD City (di sisi AEON Mall).

Selain itu, juga terkoneksi langsung dengan kawasan Transit Oriented Development (TOD) Intermoda BSD City.

Sinarmas Land melalui PT Trans Bumi Serbaraja selaku kontraktor telah melakukan sejumlah persiapan untuk pengoperasional fungsional Tol Serbaraja Seksi 1A.

Contohnya, memasang sejumlah petunjuk jalan, pembatas jalan, lampu penerangan, tanda jalan hingga mesin untuk transaksi non-tunai dan portal pembatas kendaraan di gerbang tol (GT).

Managing Director President Office Sinarmas Land & Direktur Trans Bumi Serbaraja Dony Martadisata mengatakan, pengoperasian ruas tol sepanjang 5,15 kilometer ini dalam rangka menyambut kehadiran pameran otomotif terbesar di Indonesia.

Baca juga: Mulai 10 Agustus, Tol Serpong-Balaraja Seksi 1A Dibuka Fungsional Gratis

Pameran otomotif tersebut adalah Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City.

"Sambil menunggu tanggal peresmian, kami mengundang segenap masyarakat dan pengunjung GIIAS untuk dapat mengakses melalui ruas tol ini," ujar Dony dalam rilis, Selasa (9/8/2022).

Adapun proses konstruksinya sudah selesai dan juga telah menjalani Uji Laik Fungsi (ULF) dan Uji Laik Operasi (ULO) dari Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada 22 Juni 2022-24 Juni 2022.

Untuk diketahui, pembangunan Tol Serbaraja memiliki total keseluruhan panjang kurang lebih 40 kilometer yang terbagi dalam tiga seksi.

Seksi 1 Serpong-Legok sekitra 9,8 kilometer, Seksi 2 Legok-Pasir Barat sekitar 11,5 kilometer, dan Seksi 3 Pasir Barat-Balaraja sekitar 18,6 kilometer.

Nantinya, Tol Serbaraja akan terkoneksi dengan sejumlah tol lainnya yakni, Tol Jakarta-Serpong, Tol Jakarta-Merak, JORR dan berbagai ruas tol di Pulau Jawa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com