Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjulang 86,6 Meter, Ini Tampilan Gedung Kayu Tertinggi di Dunia

Kompas.com - 04/08/2022, 18:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

Sumber Dezeen

JAKARTA,KOMPAS.com - Salah satu menara di Wisconsin, Amerika Serikat, Ascent, baru saja dinobatkan sebagai bangunan kayu tertinggi di dunia.

Bangunan yang dirancang oleh firma arsitek, Korb + Associates Architects ini 25 lantai dan dibuka pada bulan Juli 2022.

Bagian dasar bangunan sendiri terbuat dari material beton. memiliki dasar beton. Sementara bagian lift dan poros tangga, dengan sisa strukturnya terbuat dari kayu laminasi silang (CLT) dan kayu glulam.

Baca juga: Pencakar Langit 70 Lantai Bergoyang, China Larang Proyek Gedung Tinggi

Dengan tinggi 86,6 meter, Ascent resmi disertifikasi sebagai bangunan kayu tertinggi di dunia, serta bangunan hibrida kayu-beton tertinggi di dunia, oleh Council on Tall Buildings and Urban Habitat.

Ketinggian Ascent berhasil mengalahkan menara kayu tertinggi sebelumnya, Mjostarnet , Norwegia yang tercatat memiliki tinggi hingga 85,4 meter.

Tampilan lobi di dalam menara Ascent di Amerika Serikat. Mayoritas furniturnya terbuat dari material kayu. Ascent Tampilan lobi di dalam menara Ascent di Amerika Serikat. Mayoritas furniturnya terbuat dari material kayu.

Seperti dikutip dari Dezeen, Ascent terletak di daerah Milwaukee dan memiliki total 25 lantai. 6 lantai pada bagian dasarnya akan diisi oleh ritel serta fasilitas lainnya termasuk parkir dan lobi.

Sementara 19 lantai yang tersisa merupakan apartemen. Kelongsong untuk bangunan terbuat dari kaca sehingga membuat tampilanya begitu mewah.

Gedung pencakar langit ini dibangun hanya dalam waktu kurang dari dua tahun setelah peletakan batu pertama pada Agustus 2020.

Tampilan menara Ascent di Amerika Serikat saat malam hari. Ascent Tampilan menara Ascent di Amerika Serikat saat malam hari.

Pemimpin firma arsitek Korb + Associates Architects, Jason Korb mengatakan hampir semua material di dalam bangunan terbuat dari bahan alami yakni kayu dan produk lainnya yang memiliki tampilan alami.

Baca juga: Arab Saudi Akan Bangun Supertall Kembar di Tengah Gurun, Tingginya Capai 487 Meter

"Selain memberikan tampilan superior, penggunaan kayu di Ascent bisa menyerap karbon dioksida yang setara dengan menghilangkan 2.400 mobil dari jalan raya selama setahun,” ungkap Krob.

Namun Ascent akan segera memiliki saingan baru di Swiss. Saat ini, blok perumahan dari material kayu dengan tinggi 100 meter sedang dikerjakan oleh firma arsitek asal Denmark, Schmidt Hammer Lassen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dezeen
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com