Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejumlah Titik Tol Becakayu Kelar Uji Laik Fungsi dan Operasi

Kompas.com - 02/08/2022, 17:35 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kp. Melayu (Becakayu) mulai memasuki tahapan akhir. Nampaknya tak lama lagi akan beroperasi.

Sebab, beberapa titik On-Off Ramp ruas tol telah dilaksanakan tahapan Uji Laik Fungsi (ULF) dan Uji Laik Operasi (ULO).

Sebagaimana melansir dari laman Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) pada Selasa (02/08/2022), ULF dan ULO sebagai rangkaian terakhir sebelum jalan tol beroperasi berlangsung pada 6 Juli 2022 lalu.

Pelaksanaannya pada titik yang terkoneksi dari Jalan Tol Wiyoto Wiyono ke Jalan Tol Becakayu sisi Timur, On Ramp Prumpung, On Ramp Casablanca (Looping Pasar Gembrong), Off Ramp Jatiwaringin, dan GT Jatiwaringin 1.

Baca juga: Tol Serpong-Balaraja Tuntas Jalani Uji Laik Fungsi dan Uji Laik Operasi

ULF dan ULO tersebut dilaksanakan oleh tim evaluasi yang terdiri dari unsur Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, dan Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia.

Kegiatan ULF dan ULO Jalan Tol Becakayu juga dilaksanakan dalam rangka memastikan semua spesifikasi teknis persyaratan dan perlengkapan jalan yang ada di jalan tol.

Agar dapat sesuai dengan standar managemen dan keselamatan lalu lintas terpenuhi dengan baik sebelum siap dioperasikan serta dilintasi masyarakat.

Setelah proses ULF Tol Becakayu selesai dan telah dilakukan perbaikan atas hasil pemeriksaan oleh tim, maka akan keluar sertifikat laik fungsi dari Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, dan sertifikat laik operasi dari Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR.

Sehingga Tol Becakayu dapat dioperasikan secara penuh sesuai masa pengoperasiannya oleh operator jalan tol.

Baca juga: Pembangunan Tol Bawah Laut di IKN Tak Akan Ganggu Flora dan Fauna Endemik

Untuk diketahui, Jalan Tol Becakayu yang dikelola PT. Kresna Kusuma Dyandra Marga dengan total sepanjang 16,02 kilometer terdiri dari dua seksi.

Meliputi, Seksi 1 Kasablanka-Jaka Sampurna sepanjang 11,9 kilometer yang sudah beroperasi.

Selanjutnya untuk Seksi 2a Jaka Sampurna-Kayuringin sepanjang 4,12 kilometer dengan progres konstruksi sebesar 100 persen.

Kemudian Seksi 2a Ujung Kayuringin-Margajaya progres konstruksinya juga telah mencapai 95,45 persen dan ditargetkan menjelang akhir tahun 2022 selesai konstruksinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com