Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Habiskan Dana Rp 12,8 Triliun, Katedral Notre Dame Kembali Dibuka Tahun 2024

Kompas.com - 01/08/2022, 11:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Pasca kebakaran besar yang terjadi pada bulan April 2019 silam, Katedral Notre Dame di Paris rencananya akan kembali dibuka pada tahun 2024 mendatang.

Menteri Kebudayaan Perancis Rima Abdul-Malak mengumumkan bahwa rekonstruksi katedral Notre-Dame, akan dibuka kembali pada tahun 2024 bertepatan dengan event akbar, Olimpiade Paris.

“Kami yakin di tahun 2024 sebagian besar situs rekonstruksi ini akan selesai sehingga katedral bisa dibuka kembali untuk para jamaah dan publik, meskipun akan ada lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan setelah itu,” ujarnya seperti dikutip dari Art Net News.

Menurut Rima, rekonstruksi katedral Notre Dame memakan banyak waktu karena begitu banyak pihak yang terlibat.

Baca juga: Ternyata, Ini Penyebab Terbakarnya Notre Dame

Sementara itu, Panglima Tentara Militer Perancis yang ditunjuk untuk mengawasi proyek rekonstruksi Notre Dame, Jenderal Jean-Louis Georgelin, mengatakan biaya yang diperlukan untuk keseluruhan mencapai 846 juta Euro atau setara dengan Rp 12,8 triliun.

“Sejak 15 April 2019, kami telah menerima dana lebih dari 846 juta Euro (Rp 12,8 triliun) dari lebih dari 340.000 patron dan donor dari 150 negara,” kata Georgelin.

Tahap pertama pekerjaan, yang mencakup konsolidasi dan pengamanan gedung dan selesai pada Agustus 2021, menelan biaya 150 juta Euro (Rp 2,28 miliar).

Kemudian tahap kedua, yakni tahap restorasi, diperkirakan menelan biaya sebesar 550 juta (Rp 8,3 triliun).

Beberapa biaya restorasi yang akan memakan dana besar seperti pembersihan interior katedral, perbaikan orgen besar (termasuk 8.000 pipa dan 19 peti angin), serta pembersihan batu bata, kubah, kerangka, dan puncak menara.

Sisa 146 juta (Rp 2,21 miliar) dari total dana tersebut akan digunakan untuk memulihkan bagian eksterior, meskipun jadwalnya belum ditentukan.

Baca juga: Arsitektur Gotik, Gaya Menawan nan Misterius dari Perancis

Perusahaan khusus di seluruh Prancis telah dikontrak untuk berbagai aspek restorasi. Oktober lalu, 22 lukisan berukuran raksasa yang berasal dari abad ke-17 dan ke-18 direstorasi di sebuah studio di Essonne dekat Paris.

Dalam waktu dekat, pekerjaan yang akan dilakukan adalah pemasangan kembali puncak menara katedral setinggi 96 meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com