Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serius Benahi Belawan, Bobby Nasution Survei Rumah Apung ke Kota Tanjungpinang

Kompas.com - 25/07/2022, 08:20 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - Bentuk keseriusan membenahi kawasan Medan bagian Utara, khususnya di Kecamatan Medanbelawan, Wali Kota Medan Bobby Nasution mengunjungi kota-kota yang dianggap berhasil membangun kawasan pesisirnya.

Kota Tanjungpinang di Kepulauan Riau menjadi destinasi survei penerapan rumah apung. Wali Kota Tanjungpinang Rahma mendampingi Bobby selama kunjungannya.

Bobby telah mencanangkan pembangunan besar di Belawan. Pertama, rumah-rumah warga dibangun dengan konsep apung atau rumah bergaya panggung agar tak mudah digenangi banjir rob. Sembari menunggu pembangunan tanggul rob yang berfungsi menangkal banjir selesai.

Baca juga: Rumah Apung, Konsep Hunian Pasca-gempa

"Banyak yang kita dapat di sini, salah satunya Infrastruktur jalan yang baik. Mudah-mudahan jalanan Kota Medan sesuai target kita, dua tahun ini mulusnya sama dengan mulusnya jalan di Kota Tanjungpinang," kata Bobby, dikutip dari rilis, Sabtu (23/7/2022).

Paling utama adalah konsep penataan kawasan kumuh di Kota Medan bisa teratasi dengan menyontoh yang sudah dilakukan di Tanjungpinang.

Bobby melihat langsung penataan kawasan kumuh di Kampung Bugis dan Senggarang dengan rumah-rumah apung yang menjadi solusi mengatasi banjir rob.

Katanya kepada Rahma, untuk membangun Belawan, pihaknya dibantu Kementerian PUPR terkait penataan kawasan kumuh.

Tugas Pemkot Medan hanya membantu membangun rumah apung dan mengatasi banjir rob. Pembangunan ini juga menjadi salah satu upaya mengatasi permasalahan kemiskinan di Belawan.

"Gak cocok kalau cuman bantuan aja, harus suistinable lewat pembangunan Medan bagian Utara sehingga perekonomian di Belawan meningkat," tutur Bobby.

Rahma mengaku senang dan bangga menerima kunjungan Bobby di Kota Gurindam. Dia menemani rombongan meninjau Jembatan Pelangi Kampung Bugis, Vihara Sun Te Kong Senggarang dan city tour ke Pulau Penyengat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com