Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibantu Bank Dunia, Kemenhub Kaji Rute Kapal Ro-ro di NTT

Kompas.com - 22/07/2022, 07:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi tengah mengkaji rute kapal roll-on/roll-off (ro-ro) di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Melansir laman resmi Kementerian Perhubungan (Kemenhub), pengkajian rute kapal ro-ro ini dilakukan dengan bantuan Bank Dunia.

Jelas Menhub, penyediaan kapal ro-ro akan meningkatkan konektivitas daerah kepulauan seperti NTT dan Maluku.

"Kami menyambut baik adanya inisiatif bantuan kapal ro-ro dari World Bank ini, karena daerah kepulauan seperti NTT dan Maluku membutuhkan pergerakan lalu lintas kapal yang lebih intens dan sampai end to end menjangkau masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Kurangi Kepadatan Jalur Darat, Rute Laut Jakarta-Semarang Dikaji

Rencananya wilayah Kupang dan Maumere akan menjadi area hub, sehingga kapal tersebut nantinya akan berkeliling dari NTT sampai Maluku.

"Sehingga jarak perjalanan kapal tidak jauh dan daerah ini semakin sering disinggahi kapal yang membawa penumpang maupun logistik," tambah Menhub.

Adapun pengadaan kapal ro-ro ini akan menjadi pendukung program tol laut di NTT dan melengkapi kapal-kapal perintis yang telah beroperasi.

"World Bank sudah setuju untuk memberikan bantuan, dan akan segera difinalisasi. Insha Allah tahun depan atau paling lambat 2024 sudah jalan," Menhub kembali menjelaskan.

Berdasarkan Peraturan Menhub Nomor 115 Tahun 2016, kapal ro-ro adalah kapal yang memiliki satu atau lebih geladak baik terbuka maupun tertutup yang dipergunakan untuk mengangkut segala jenis kendaraan sebagai muatan yang dimuat melalui sistem pintu rampa di bagian depan maupun belakang kapal.

Baca juga: Telah Diuji Coba Menhub, Bandara Halim Perdana Kusuma Siap Digunakan September 2022

Bongkar muat dilakukan dengan kendaraan itu sendiri atau bisa menggunakan platform lain yang dilengkapi roda.

Sedangkan kapal penumpang ro-ro adalah kapal jenis kapal ro-ro yang dilengkapi dengan akomodasi untuk pengangkutan penumpang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com