Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuartal II-2022, Harga Sewa Kantor Grade B di Tokyo Turun 2,1 Persen

Kompas.com - 19/07/2022, 18:15 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Sektor perkantoran di seluruh dunia mengalami pukulan besar sejak terjadinya pandemi Covid-19 pada awal tahun 2020 lalu, termasuk di Tokyo, Jepang.

Berdasarkan data dari konsultan properti Savills, sewa kantor grade B di Tokyo mengalami penurunan sebanyak 2,1 persen secara kuartalan pada kurtal II tahun 2022. Harga sewanya diketaui menjadi 7.462 Yen (Rp811.863) per meter persegi.

Dikutip dari Real Estate Asia, penurunan harga sewa di area Chiyoda menjadi yang terbesar dibandingkan daerah lainnya di Jepang yakni mencapai 3,0 persen secara kuartalan atau 8.461 Yen (920.496) per meter persegi.

Baca juga: Cari Ruang Kerja Baru? Ini Harga Kantor di Jakarta dan Surabaya

Harga sewa gedung di semua sub area lainnya juga mengalami koreksi ringan selama kuartal II kecuali area Chuo, di mana harga sewa tetap stabil.

Meskipun demikian, kekosongan gedung perkantoran di Chuo mengalami peningkatan tipis yakni 0,2 persen secara kuartalan.

Sementara di seluruh lingkungan lain, tingkat kekosongan ruang kantor lebih tinggi secara kuartalan yakni sebesar 0,8 persen Shibuya dan 0,7 persen di Minato dan Shinjuku.

Meskipun tren ini mungkin tampak mengkhawatirkan, perlu dicatat bahwa sebagian besar bangunan perkantoran di pasar Kelas B terisi penuh atau berdekatan.

Kenaikan kekosongan terutama berasal dari segelintir bangunan yang berkinerja buruk dan memiliki banyak ruang kosong.

Memang, beberapa bangunan yang datang ke pasar baru-baru ini hampir kosong, dan mendistorsi kekosongan rata-rata pasar.

Banyak bangunan dengan tingkat kekosongan tinggi di pasar Grade B cenderung lebih tua, lokasinya buruk, atau memiliki faktor lain yang tidak diinginkan.

Baca juga: Catat! Ini Rincian Biaya Urus Sertifikat Tanah di Kantor Pertanahan

Tidak seperti masa sebelum pandemi, di mana ruang kantor yang tersedia langka sehingga para penyewa tidak memilihki banyak pilihan.

Sementara di pasar saat ini, calon penyewa memiliki lebih banyak pilihan untuk menemukan ruang kantor yang sesuai dengan harga yang tepat.

Gedung kantor grade B  biasanya berukuran sedang, dengan kualitas bangunan yang baik. Namun fasilitas di sekitarnya cenderung terbatas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com