Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Arsitektur ARCH:ID Resmi Dibuka

Kompas.com - 14/07/2022, 16:05 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono resmi membuka festival pameran aristektur ARCH:ID, Kamis (14/7/2022).

Pembukaan acara tersebut ditandai dengan pemukulan gong yang dilakukan oleh Basuki, Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Gregorius Budi Yulianto, serta Ketua ARCH:ID Theresia W Purnomo.

ARCH:ID akan digelar selama empat hari di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, mulai 14 Juli 2022-17 Juli 2022.

Untuk diketahui, ARCH:ID digelar oleh IAI bersama dengan PT Citra Inovasi Strategi (CIS).

Basuki mengucapkan terima kasih kepada IAI yang telah bekerja sama dengan Kementerian PUPR dalam pembangunan infrastruktur selama ini.

"Saya sadar bahwa ilmu arsitektur merangkum semua, fungsi bangunan, struktur bangunan, dan estetikanya, seninya. Disitulah timbul beda-bedanya," ujar Basuki dalam pidatonya pada pembukaan ARCH:ID.

Tahun ini, ARCH:ID mengusung tema Sebentang, Serentang, Segendang sebagai refleksi keberagaman dari praktik dan produk arsitektur di Indonesia.

Baca juga: Digelar 4 Hari, ARCH:ID Usung Tema Sebentang, Serentang, Segendang

Ini utamanya organisasi IAI yang tidak hanya berada di Jawa, melainkan ada di seluruh Indonesia.

Maksud dari tema Sebentang dianggap sebagai gambaran sesuatu hal yang luas dari Indonesia.

Lalu, Serentang bermakna sebagai hal yang lebih dekat atau mempunyai jarak lebih intim. Sedangkan Segendang adalah sesuatu hal yang didefinisikan sebagai keharmonisan.

Untuk merefleksikan semangat tersebut, ARCH:ID akan menghadirkan event paralel di Paviliun Indonesia Barat (Medan) dan Timur (Makassar).

Tujuannya, agar para arsitek di wilayah Indonesia bagian Barat maupun Timur bisa ikut merayakan pergelaran ARCH:ID.

Pada kesempatan kali ini, ARCH:ID akan menghadirkan konferensi internasional selama dua hari yaitu 14 Juli 2022-15 Juli 2022.

Kemudian, pameran kolaborasi dengan arsitek, serta program-program lainnya berupa talk series, ARCH:ID night, Sustainable Construction Material Awards, dan lain-lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com