Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjaga Dinding Rumah Tetap Aman Saat Musim Hujan Tiba

Kompas.com - 11/07/2022, 14:15 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

Sumber LivSpace

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim hujan bisa menjadi mimpi buruk bagi pemilik rumah karena bisa berisiko merusak area dinding.

Tak hanya risiko air yang merembes sehingga membuat struktur dinding retak, saat musim hujan tiba, cat dinding juga menjadi rentan terkelupas dan mudah diserang oleh jamur.

Menghadapi musim hujan, sebaiknya investasikan waktu dan tenaga Anda untuk mencegah terjadinya kerusakan dinding rumah daridapa membayar biaya perbaikan yang lebih besar di kemudian hari.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Cat Dinding Bisa Berubah Warna Dalam Kondisi Kering

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat musim hujan tiba adalah memonitor seluruh area dinding yang ada di hunian.

Dinding yang lembap di bagian sudut rumah menandakan adanya saluran air tersumbat. Jika Anda menemukannya, ketahui segera penyebabnya. 

Bila area dinding yang basah berada di langit-langit, dinding, atau di sudut bangunan, mungkin ada saluran drainase di dekat area tersebut. 

Bila area basah muncul dari lantai ke arah atas, ini menunjukkan bahwa kelembaban terjadi karena beberapa pipa ledeng yang rusak di bawah lantai.

Untuk dua kasus di atas, hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan dempul atau nat untuk menutupi retakan pada pipa dan dinding.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan bahan kedap air yang untuk menciptakan penghalang antara tanah dan dinding. Ini mencegah air dari permukaan tanah menyebabkan kerusakan.

Pilihan lainnya adalah menggunakan cat silikon untuk dinding dalam ruangan yang memiliki sifat tahan air yang tinggi.

Baca juga: Ikuti Cara Mudah Memperbaiki Retak Rambut di Dinding Rumah

Sementara itu, jika dinding rumah hanya lembap dan Anda tidak yakin dari mana asalnya, ini menunjukkan bahwa ruangan tersebut memiliki kelembapan berlebih karena ventilasi yang buruk di dalam ruangan.

Agar ruangan tersebut tidak lagi lembab, Anda dapat menambahkan ventilasi agar sirkulasi udara berjalan dengan baik. Bila perlu gunakan exhaust fan jika tidak punya waktu untuk membuat ventilasi baru.

Menjaga dinding rumah tetap sehat saat musim hujan sangat diperlukan untuk mencegah adanya pertumbuhan jamur atau kerusakan structural pada dinding.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber LivSpace
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com