Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Minggu Ini, Tarif Tol Soreang-Pasir Koja Naik

Kompas.com - 10/07/2022, 12:28 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tarif Jalan Tol Soreang-Pasir Koja (Soroja) mengalami penyesuaian untuk golongan I, IV, dan V, mulai hari ini, Minggu (10/7/2022) sejak pukul 00.00 WIB.

Penetapan penyesuaian tarif tol tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kepmen PUPR) Nomor 570/KPTS/M/2022 tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Ruas Jalan Tol Soreang-Pasir Koja.

Penyesuaian tarif jalan tol sudah ditetapkan dalam Undang-undang (UU) Jalan Nomor 2 tahun 2022 tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan.

Pada Pasal 48 ayat 3 disebutkan evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap 2 tahun sekali berdasarkan pengaruh laju inflasi dan evaluasi terhadap pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Jalan Tol.

Baca juga: Tol JORR Seksi S dan ATP Siap Uji Coba Transaksi Tanpa Setop Nir-sentuh MLFF

Upaya pemenuhan SPM di Jalan Tol Soroja terus dilakukan demi menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan serta pengelolaan.

Hal ini juga dilakukan untuk menjaga keselamatan dan keamanan para pengguna ruas tol tentunya.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Badan Pengatur Jalan Tol (@pupr_bpjt)

Rinciannya, golongan I yang semula sebesar Rp 7.500, naik menjadi Rp 8.000, golongan II tetap Rp 12.000, dan golongan III tetap Rp 12.000.

Sementara golongan IV naik dari semula sebesar Rp 15.000 menjadi Rp 15.500, dan golongan V juga demikian, naik dari Rp 15.000 menjadi Rp 15.500.

Adapun Tol Soroja yang telah resmi beroperasi sejak akhir tahun 2017 lalu tentunya memberikan peran penting dalam hal peningkatan ekonomi di Kabupaten Bandung.

Jalan bebas hambatan berbayar ini terdiri dari dua seksi, yaitu Seksi 1 Pasir Koja-Margaasih (2,75 kilometer) dan Seksi 2 Segmen Margaasih-Katapang (3,3 kilomeyer) serta Segmen Katapang-Soreang (2,1 kilometer).

Kehadiran Tol Soroja juga diharapkan dapat meningkatkan potensi yang ada di Bandung Selatan, terutama pariwisata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com