Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun 2024, Indonesia Bakal Punya Jalur Kereta Sepanjang 7.451 Kilometer

Kompas.com - 06/07/2022, 19:15 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada tahun 2024 mendatang, Indonesia ditargetkan memiliki 7.451 kilometer jalur kereta api.

Target tersebut merupakan bagian dari rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) tahun 2020-2024 di sektor perkeretapian.

“Target panjang jalur kereta api (kumulatif) tahun 2024 mendatang adalah 7.451 km,” ungkap Dirjen Perkeretapian Zukfikri dalam rapat dengar pendapat (RDP) bersama dengan Komisi V DPR RI, Rabu (6/7/2022) di Jakarta.

Sementara itu, kondisi jalur yang sesuai standar track quality index kategori 1 dan 2, pada tahun 2024 ditargetkan sudah mencapai 94 persen. 

Baca juga: Canggih, China Punya Rel Kereta Api yang Lintasi Gurun Pasir

Bila dilihat dari data baseline tahun 2019, sudah ada 6.164 jalur kereta api yang selesai dibangun. Sementara standar track quality index baru mencapai 81,5 persen.

Selain target RPJMN ini, menurut Zulfikri pada tahun 2030 mendatang, pemerintah juga menargetkan sepanjang 10.254 kilometer jalur kereta api sudah selesai dibangun.

Dalam RPJMN tahun 2020-2024 juga tela ditetapkan tiga proyek utama (major project) yang sementara dikerjakan oleh Dirjen Perkeretaapian.

Pertama, pembangunan jalur kereta api Makasar-Parepare. Kedua, pembangunan kereta api cepat Jakarta Bandung dan peningkatan kecepatan jalur kereta Jakarta Surabaya tahap 1 yaitu untuk segmen Jakarta-Semarang.

Proyek ketiga adalah pengadaan sistem angkutan umum masal perkotaan di enam wilayah Metropolitan yakni di Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan, Semarang dan Makassar.

Baca juga: IKN Bakal Miliki 14 Stasiun Kereta Api Penumpang, Berikut Daftarnya

“Untuk mendukung target dan program pada RPJMN tersebut akan dilakukan rencana staregis dengan penyediaan infrastruktur untuk konektivitas kereta api,” jelas Zulfikri.

Selain itu, menurut Zulfikri, pihaknya juga akan fokus pada layanan transportasi dan keselamatan transportasi perkeretaapian dengan menyediakan sumber daya manusia (SDM) serta sarana dan prasarana yang andal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com