Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelar RUPS, IPCC Kantongi Laba Bersih Rp 60,06 Miliar

Kompas.com - 01/07/2022, 17:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Indonesia Kendaraan Terminal (IPCC) Tbk menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan dan Luar Biasa pada Kamis (30/6/2022).

Lewat RUPS tersebut, IPCC menyampaikan kinerja perseroan sepanjang tahun 2021 dan perbandingannya dengan tahun sebelumnya.

Laporan kinerja keuangan IPCC Tahun Buku 2021 mencatatkan laba bersih sebesar Rp 60,06 miliar, melonjak 352,62 persen dari tahun sebelumnya.

Seiring kenaikan laba tersebut maka Earning Per Share (EPS) IPCC meningkat menjadi Rp 33,03 dari sebelumnya -Rp13,07.

Demikian juga Net Income Margin mengalami peningkatan 11,62 persen dari sebelumnya -6,67 persen.

Baca juga: KAI Gandeng Pelindo dan PTPN III Bangun Jalur ke KEK Sei Mangkei Sumut

Begitu juga Operating Margin menjadi 21,89 persen dari sebelumnya 4,99 persen dan EBITDA Margin sebesar 46,37 persen dari sebelumnya 32,72 persen.

Dengan pencapaian tersebut, IPCC memutuskan untuk membagikan dividen sebanyak 70 persen dari perolehan laba bersih atau sekitar Rp 42,04 miliar dengan nilai Rp 23,12 per lembar sahamnya.

Dengan asumsi harga saham sebesar Rp 630, maka dividend yield yang dapat dinikmati oleh para pemegang saham ialah sebesar 3,67 persen.

Masih dalam acara yang sama, IPCC juga meluncurkan logo baru perusahaan.

Komposisi logo baru menampilkan sebuah simbol kemajuan beserta tiga kata yang menyertai, yaitu Pelindo sebagai induk usaha, Multi Terminal sebagai pilar usaha, dan IPCC Terminal Kendaraan sebagai identitas perusahaan.

Baca juga: Cek Proyek Terminal VVIP Bandara Ngurah Rai, Menhub: Kearifan Lokalnya Terlihat

“Cita-cita IPCC ke depan ialah dapat memberikan total solution dengan mengintegrasikan aktivitas di ekosistem distribusi terminal untuk menciptakan efisiensi dan reliabilitas di sepanjang mata rantai bisnis otomotif," kata Direktur Utama IPCC Terminal Kendaraan, Rio T.N Lasse, mengutip rilis.

Menjelang usianya yang ke-10 pada akhir tahun ini, layanan IPCC tidak hanya hadir di kantor pusat operasional di Pelabuhan Tanjung Priok, tetapi juga hadir di Pelabuhan Belawan, Panjang, Gresik, Pontianak dan Makassar.

IPCC diharapkan mampu menghadirkan pengoperasian terminal kendaraan/ro-ro yang layak secara komersial di setiap area Pelindo.

Selain itu IPCC juga diharapkan bisa melakukan ekspansi bisnis ke pelabuhan terkait lainnya yang layak secara komersial dan selalu future ready baik secara organik maupun an-organik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com