Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertimbangkan 3 Hal Ini Sebelum Memilih Lampu untuk Area Outdoor

Kompas.com - 26/06/2022, 14:02 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pencahayaan merupakan salah satu faktor penting untuk sebuah hunian. Selain dapat memberikan rasa nyaman kepada pemilik rumah, pencahayaan yang baik juga bisa membuat rumah terlihat lebih menarik.

Untuk area luar rumah atau outdoor, seperti taman, balkon atau teras, banyak opsi pencahayaan yang dapat Anda pilih sesuai dengan ketersediaan dana.

Agar area outdoor rumah Anda tampak cantik, berikut tiga hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih lampu yang sesuai.

Baca juga: Tak Hanya Desain, Begini Panduan Cerdas Memilih Lampu Taman

1. Sesuaikan dengan desain rumah

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan ketika memilih lampu untuk area outdoor adalah gaya dan nuansa rumah. 

Jika rumah yang ditempati memiliki desain klasik,  maka Anda harus memilih pencahayaan yang lebih netral atau putih.

Lain halnya jika Anda memiliki teras atau balkon modern di mana Anda dapat memasukkan warna-warna lampu yang lebih cerah.

Bila Anda memiliki balkon dengan desain kontemporer, Anda bisa menggunakan lampu gantung berwarna oranye. Dengan pilihan ini, akan tercipta kontras tajam yang menarik pandangan ke sudut tertentu.

2. Pertimbangkan fungsi

Hal lain yang harus Anda ingat sebelum membeli lampu untuk luar ruangan adalah fungsi lampu tersebut. Apakah Anda ingin lampu yang fungsional atau murni dekoratif?

Jika Anda perlu menerangi meja makan di area teras belakang atau balkon, maka yang dibutuhkan adalah lampu gantung berukuran besar.

Namun jika Anda hanya ingin memberikan kesan nyaman pada ruangan, maka beberapa lampu senar atau lampu meja sudah cukup.

Baca juga: Kenapa Lampu Penerangan Jalan Berwarna Kuning?

Lampu meja lebih baik untuk ruang luar yang lebih kecil, seperti balkon atau teras kecil, karena tidak mengeluarkan cahaya sebanyak lampu gantung. 

Sementara untuk bila ingin menonjolkan unsur dekoratif, Anda dapat memasang lampu senar atau lampu gantung. 

3. Sesuaikan dengan isi dompet

Meskipun banyak desain lampu yang Anda sukai, jangan lupa pertimbangkan aspek keuangan yang Anda miliki. Jangan sampai untuk lampu saja, Anda mengeluarkan dana yang sangat besar.

Di pasaran Anda bisa menemukan lampu dengan beragam pilihan warna, bentuk, dan ukuran yang berbeda. Temukanlah yang paling sesuai dengan kondisi ruangan serta isi dompet Anda.

Namun harus diingat, jangan sampai membeli lampu yang tidak berkualitas karena bisa cepat rusak. Meski murah, Anda bisa mengeluarkan banyak dana kelak karena harus terus menerus membeli lampu baru.

Karena itu, berhati-hatilah dalam memilih. Lakukanlah survei sebelum membeli untuk mendapatkan produk lampu berkualitas dengan harga terjangkau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com