Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggarkan Rp 200 Miliar untuk Infrastruktur, Pemkab Lamongan Gandeng Bank Jatim

Kompas.com - 17/06/2022, 19:00 WIB
Hamzah Arfah,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

LAMONGAN, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan menganggarkan Rp 200 miliar, untuk pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan pada tahun ini.

Sebagai langkah lanjutan, Pemkab Lamongan kemudian menggandeng Bank Jawa Timur (Jatim).

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengatakan, program ini sempat terkendala dua tahun masa pandemi Covid-19, namun percepatan perkembangan infrastruktur Lamongan tahun ini siap dilaksanakan.

Baca juga: Tahun Ini, Pemkab Lamongan Targetkan Penanganan 41 Ruas Jalan

Meski berada pada kondisi finansial yang kurang, Pemkab Lamongan terus berupaya untuk mewujudkan infrastruktur jalan dan jembatan yang menjadi program super prioritas.

"Alhamdulillah, hari ini telah kita laksanakan penandatanganan dua kesepakatan. Salah satunya kesepakatan kredit, akan kita manfaatkan untuk infrastruktur jalan," ujar Yuhronur, saat penandatanganan kesepakatan bersama Bank Jatim di Command Center Sekretariat Daerah Kabupaten Lamongan, Jumat (17/6/2022).

Dia menjelaskan, kesepakatan yang dilakukan antara Pemkab Lamongan bersama Bank Jatim terkait perjanjian kredit.

Pemkab Lamongan telah menganggarkan Rp 200 miliar untuk pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan.

Dengan rincian, sebesar Rp 150 miliar bakal digunakan untuk pembangunan 41 ruas jalan sepanjang 44,45 kilometer dan 21 unit jembatan.

Sementara sisanya, sebesar Rp 50 miliar direncanakan untuk pembebasan lahan pembangunan ringroad utara.

"Ini sudah melalui berbagai proses, lelang juga sudah. Mudah-mudahan bisa berjalan dengan lancar dan persoalan jalan ini bisa diatasi. Pinjaman daerah ini, untuk percepatan akselerasi perkembangan infrastruktur," kata Yuhronur.

Yuhronur menambahkan, berbagai kemudahan dan digitalisasi pelayanan masyarakat telah banyak diciptakan melalui kerjasama antara Pemkab Lamongan dengan Bank Jatim.

Di antaranya penyediaan Pasar Online Lamongan (POL), kemudahan pembayaran pajak secara online, juga penyediaan dan penggunaan Kartu Yakin Semua Sejahtera.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com