Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Canggih, Markas Google-nya Korsel Akan Pekerjakan 100 Robot

Kompas.com - 17/06/2022, 13:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Markas baru milik Naver Labs di Korea Selatan (Korsel) memiliki tampilan yang futuristik seperti kotak logam setinggi 28 lantai.

Uniknya, di dalam kantor ini dipekerjakan 100 buah robot untuk membantu pekerjaan manusia khusunya dalam urusan pengantaran paket. 

Naver Labs merupakan divisi riset dan pengembangan milik perusahaan teknologi raksasa Naver, yang memiliki mesin pencari terkemuka di Korsel, Naver.com.

Baca juga: Keren, China Kerjakan Bendungan dengan Bantuan Robot

Dikutip dari Fast Company, kantor ini baru saja dibuka pada awal bulan Juni dan diklaim sebagai bangunan ramah robot pertama di dunia.

Didesain oleh anak perusahaan Samsung, Samoo, setiap ruang kantor ini bisa menampung 100 robot beroda yang akan bekerja bersama 5.000 orang lainnya.

Robot Rookie, yang akan bekerja mengirimkan barang di Naver LabsNaver Robot Rookie, yang akan bekerja mengirimkan barang di Naver Labs

Robot-robot ini akan bertugas untuk mengangkut paket, makan siang, bahkan kopi bagi para manusia.

CEO Naver Labs Sangok Seok mengatakan, rancangan kantor yang pertama kali dibuat tidaklah bermaksud utuk menampung para robot.

Baca juga: Perkenalkan Ella Robot Barista, Bisa Sajikan Minuman 200 Gelas Per Hari

“Awalnya perusahaan hanya ingin membangun gedung perkantoran biasa. Namun, ketika perusahaan mempertimbangkan perannya di masa depan, visi kami menjadi lebih ambisius,” jelas Sangok.

Robot yang akan ditempatkan di marks Naver tersebut bernama Rookie. Mereka adalah robot yang dibuat khusus oleh Naver untuk markas baru mereka. 

Robot Rookie yang bekerja di kantor baru Naver LabsNaver Robot Rookie yang bekerja di kantor baru Naver Labs

“Robot sama sekali bukan urusan Naver pada awalnya. Tapi, kami pikir mungkin itu bisa menjadi jenis bisnis baru yang menjanjikan,” tambah Sangok.

Kantor ini terbuat dari material baja dan beton mendominasi ruang untuk memunculkan sensasi futurisme dan modern. Namun, penggunaan lantai kayu dan penempatan tanaman hijau membuatnya lebih hangat.

Saat bekerja setiap harinya, Rookie akan sangat sibuk mengirimkan puluhan paket. Bahkan, perusahaan membangun lift eksklusif bagi merkea yang disebut sebagai Roboport untuk memudahkan mobilisasi antarlantai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com