Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pandemi Terkendali, Monas Segera Dibuka Lagi

Kompas.com - 16/06/2022, 10:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring dengan terkendalinya pandemi Covid-19, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta merencanakan pembukaan kembali kawasan Monumen Nasional (Monas) pada pekan ini.

"Dalam minggu ini dibuka, dalam minggu ini," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Rabu (15/6/2022), seperti dikutip dari Kompas.com.

Penutupan kawasan Monas sejak Maret 2020 tidak hanya dilakukan karena merebaknya Covid-19 di Jakarta saja, melainkan juga disebabkan oleh proyek revitalisasi Plaza Selatan Monas yang belum rampung sepenuhnya.

“Ya itu kan direvitalisasi ya,” tambah Riza.

Sementara itu, proses revitalisasi Monas berdasarkan Keputusan Pemerintah DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Gubernur Anies Baswedan sempat menuai kritik dari banyak kalangan.

Baca juga: Kalahkan Monas, Tower Setinggi 150 Meter Bakal Dibangun di IKN Baru

Pengamat Tata Kota Nirwono Yoga menilai rencana revitalisasi ini bertentangan dengan semangat awal pembangunan Monas sebagai ruang terbuka hijau (RTH) di kota Jakarta.

Revitalisasi Monas memang telah direncanakan Pemprov DKI sejak 2018. Bahkan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta menyetujui usulan anggaran revitalisasi sebesar Rp 114,47 miliar.

Proses revitalisasi Monas pun dimulai pada November 2019, setelah pemerintah DKI Jakarta menandatangani kontrak dengan PT Bahana Prima Nusantara selaku pemenang lelang.

Pengerjaan dimulai dari sisi selatan Monas yang berhadapan dengan Balai Kota DKI Jakarta. Namun, penebangan ratusan pohon membuat proyek ini dihujani kritik.

Total, ada 205 pohon di sisi selatan Monas yang ditebang demi membuat lahan itu menjadi plaza beralaskan beton.

Baca juga: Begini Progres Pembangunan MRT Fase 2A di Monas dan Thamrin

“Perencanaan revitalisasi Monas bertentangan dengan semangat awal pembangunan Monas sebagai RTH di Jakarta,” ujar Nirwono saat dihubungi Kompas.com, Selasa (30/11/2021).

Menurutnya keputusan Pemprov DKI Jakarta untuk menebang pohon menunjukkan ketidakberpihakan terhadap pembangunan kota hijau.

Penebangan pohon di kawasan Monas makin menunjukkan ketidakberpihakan Pemda DKI terhadap pembangunan kota hijau," jelas Nirwono.

Dia bahkan menilainya sebagai contoh buruk karena tidak ada sanksi jika pohon ditebang oleh pemerintah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com